Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Wali Kota Jakbar Meninjau Grebek Lumpur Di Kali Sekretaris

Pembangunan 27 September 2022  105 Reporter : Izzudin Edited By Izzudin

Wali Kota Jakbar, Yani Wahyu Purwoko bersama Kasudin SDA Jakbar, Purwanti meninjau gerebek lumpur di kali Sekretaris, Kebon Jeruk Jakarta Barat

Pembangunan      


Pemerintah Kota Jakarta Barat mengerahkan 350 personel gabungan menggelar gerebek lumpur untuk mengantisipasi genangan pada saat musim penghujan di kali Sekretaris jalan Gili Sampeng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (27/9).

Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, Asekbang, Imron Sahrin, Kabag PKLH, Ziki Zulkarnaen, Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakbar, Purwanti Suryandari, Sudin Bina Marga, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Perhubungan, Sudin Gulkarmat, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Satpol PP, TNI, dan Polri.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengatakan dari 13 sungai yang ada di DKI Jakarta delapan diantaranya berada di Jakarta Barat, salah satunya adalah Kali Sekretaris. Pengerukan dilakukan sepanjang 950 meter.

"Program grebek lumpur rutin dilaksanakan setiap tahun bahkan di Jakarta Barat bukan sekedar rutinitas tapi pekerjaan dilakukan setiap hari. Hari ini panjang yang kita keruk 950 meter, dengan lebar 15 meter. Dengan Kapasitas lumpur yang akan dikeruk mencapai 4000 meter kubik," katanya,

Dilokasi yang sama Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti mengatakan pengerukan tersebut fokus pada segmen Jl. Gili Samping sampai Jl. Arjuna Selatan, dimana sedimentasi lumpurnya telah mencapai satu meter.

"Kiri kanan kali ini penuh lumpur yang di tanamin tanaman oleh warga, kita keruk sehingga menambah kapasitas di Kali Sekretaris," terangnya.

Untuk pengerukan tersebut Sudin SDA Jakarta Barat mengerahkan tujuh alat berat dengan dibantu UPK Badan Air DKI Jakarta serta Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat serta 22 dump truck.

"Tujuh alat berat itu Lima diantaranya punya Sudin SDA Jakarta Barat, dan dua sisanya bantuan dari UPK Badan Air serta Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat. Sedangkan untuk dump truck ada 22 unit, dimana 20 unit dari Sudin SDA Jakarta Barat, dua sisanya dari Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat," ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan pengerukan Kali Sekretaris yang rencananya akan dilakukan hingga satu pekan kedepan tersebut dapat mengurangi genangan di Jakarta Barat.

"Hasil pengerukan akan dibuang ke PLTU Ancol, harapanya dengan pengerukan ini maka daya tampung di Kali Sekretaris akan bertambah sehingga dapat mengurangi genangan di Jakarta Barat terutama saat musim penghujan," terangnya. (Izzu)




BERITA TERBARU
...    
28 November 2022

Wali Kota Jakbar Ter...

...    
28 November 2022

Penataan Kawasan Kam...

...    
28 November 2022

Pemkot Jakbar Sediak...

...    
27 November 2022

20 Warga Tertangkap...

...    
27 November 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga