Raden Muhammad Pradana Putra

Lurah - Kelurahan Kembangan Selatan

Pangkat Penata (III/c)
NIP / NRK 19910212201206 1001/183114

Sejarah

Kelurahan Kembangan Selatan adalah sebuah wilayah yang terletak di Jakarta Barat, Indonesia. Sejarahnya mencakup perkembangan kawasan ini dari masa lampau hingga saat ini. Pada awalnya, Kembangan Selatan adalah bagian dari daerah agraris yang dikelilingi oleh sawah dan hutan.


Pada perkembangannya, wilayah ini mengalami transformasi signifikan seiring dengan pertumbuhan kota Jakarta. Pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya dan perumahan, telah memengaruhi perkembangan Kembangan Selatan. Kelurahan ini juga telah menjadi tempat bagi berbagai komunitas dan penduduk yang beragam.


Selain itu, Kembangan Selatan memiliki sejarah sosial, budaya dan ekonomi yang unik. Dalam beberapa dekade terakhir, perubahan ekonomi dan perkembangan komersial telah memengaruhi kehidupan sehari-hari penduduk setempat.


Kembangan Selatan juga memiliki institusi pendidikan, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat penting lainnya yang menjadi bagian penting dari sejarah dan kehidupan masyarakat di sana. Keseluruhan sejarah Kelurahan Kembangan Selatan mencerminkan perubahan dan perkembangan wilayah ini sebagai bagian penting dari Provinsi DKI Jakarta, khususnya Kota Administrasi Jakarta Barat.

Geografi

Kelurahan Kembangan Selatan terletak di wilayah Jakarta Barat. Secara geografis Kelurahan Kembangan Selatan terletak diantara 6°11' Lintang Selatan dan 106°44' Bujur Timur. Bagian utara Kelurahan Kembangan Selatan berbatasan dengan wilayah Kelurahan Kembangan Utara, bagian timur Kembangan Selatan berbatasan dengan wilayah Kelurahan Kedoya Selatan, lalu sisi selatan berbatasan langsung dengan wilayah Kelurahan Meruya Utara, dan sisi barat Kelurahan Kembangan Selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipondoh, Provinsi Banten. Wilayah ini memiliki ciri khas sebagai bagian dari Jakarta yang beriklim tropis dengan dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Terletak di dataran rendah, Kembangan Selatan memiliki kondisi geografis yang cenderung datar dengan aliran sungai dan sungai kecil yang melintas daerah tersebut. Namun, seperti kebanyakan kawasan perkotaan, perkembangan infrastruktur dan pemukiman telah mengubah sebagian besar lahan asli.

Demografi

Pada tahun 2023, Kelurahan ini dihuni oleh 34.322 penduduk yang terbagi dari 17.062 laki-laki dan 17.260 perempuan dengan seks rasio 1 : 1.01 dan 10.772 kepala keluarga.

Visi Dan Misi

Jakarta Barat mempunyai visi agar terwujudnya Kota Administrasi Jakarta Barat sebagai Kota jasa yang nyaman dan sejahtera. Dan misi untuk membangun tata pemerintahan yang baik guna terwujudnya kota jasa dan wisata budaya dan sejarah. Meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan yang berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat dengan mengembangkan nilai, norma serta pranata sosial, guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.


Motto Jakarta Barat adalah "Kampung Kite Kalo Bukan Kite Nyang Ngurusin Siape Lagi" Motto ini mempunyai makna dan harapan akan besarnya rasa tanggung jawab dan rasa cinta warga masyarakat pada Kota Administrasi Jakarta Barat yang diwujudkan dengan peran serta dan kerjasama yang erat dan terpadu antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat dalam memajukan pembangunan kota disegala bidang demi kesejahteraan semua masyarakat termasuk bersama-sama untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan bersih. Dengan ini juga sarat makna yang sangat disadari bahwa kitalah yang menentukan keberhasilan itu semua dengan segala daya dan upaya kita sendiri.


Potensi Wilayah

Kembangan Selatan mempunyai luas sebesar 360,675 Ha yang terdiri dari 346,662 Ha Tanah kering dan 14,013 Ha Tanah fasilitas umum.


Potensi Ekonomi: Kembangan Selatan merupakan kawasan Sentra Primer Barat, yang terletak di kawasan CNI, dan Kembangan Selatan adalah jantung perdagangan di wilayah Jakarta Barat


Potensi Pendidikan: Kembangan Selatan mempunyai 3 BKB PAUD, 1 PAUD, 4 TK , 6 SD , 5 SLTP , 5 SLTA dan 1 SLB


Potensi Kesehatan : Kembangan Selatan mempunyai 1 Puskemas, 12 Posyandu Balita , 7 Posbindu , 1 Posyandu Remaja, 2 Posyandu Lansia , 1 Klinik , dan 2 Apotek


Potensi Keamanan : Kembangan Selatan mempunyai 12 Pos Tiga Pilar , 1 Pos Pantau CNI


dan untuk SDM Kembangan Selatan mayoritas adalah wiraswasta, diikuti Buruh, pegawai negeri sipil dan guru swasta.



Berita Wilayah

Warga Kembangan Selatan Apresiasi Integritas Binmas dan Bhabinkamtibmas

Warga Kembangan Selatan memberikan apresiasi kepada Aiptu Engkus Kusnadi, Sertu Taufik dan Kopda Nik...

Baca Selengkapnya

Wali Kota Jakbar dan Jajaran Olahraga Bersama Warga di HBKB Puri Kembangan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di jalan R...

Baca Selengkapnya

ASN Kantor Wali Kota Jakbar Antusias Ikut Skrining Kesehatan

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wali Kota Jakarta Barat antusias mengikuti skrining keseh...

Baca Selengkapnya

Audiensi Pemkot Jakbar dan BNNP DKI Jakarta Bahas Pencegahan Narkoba

Audiensi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP)...

Baca Selengkapnya

1000 Pohon Produktif Ditanam di Kelurahan Kembangan Selatan

Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Bhayangkara, Jajaran Polsek Kembangan bersinergi dengan Keluraha...

Baca Selengkapnya

250 ASN Pemkot Jakbar Dapat Pembekalan Masa Pensiun 2026

Sebanyak 250 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi (Pemkot) Jakarta...

Baca Selengkapnya

Wali Kota Jakbar Ajak Ormas Jaga Kondusifitas Pilkada

Seluruh unsur masyarakat terutama kalangan organisasi kemasyarakatan (ormas), kepemudaan, tokoh masy...

Baca Selengkapnya

Donor Darah di Kantor Wali Kota Jakbar Diikuti 75 Peserta

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto membuka kegiatan donor darah yang diinisiasi Forum Komunikasi...

Baca Selengkapnya

HUT Ke-497 Jakarta di Kantor Wali Kota Jakbar Semarak

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT...

Baca Selengkapnya