Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Bakti Kita Untuk Jakarta, Jakarta Barat Melaksanakan Kerja Bakti Masal

Pembangunan Minggu, 19 November 2023 - 6:48  237 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Menta Basita Bangun

Wali Kota Jakbar, Uus Kuswanto memimpin apel aksi Bakti Kita Untuk Jakarta, di Jalan Inspeksi Kali KBB, Rusun KS Tubun, Kelurahan KBS, Palmerah

Pembangunan

Jakarta Barat – Sebagai upaya meningkatkan kesiapan menghadapi musim hujan dan antisipasi terhadap potensi bencana banjir serta meningkatkan kembali semangat gotong royong antara Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta, Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) dan masyarakat, maka dilaksanakan kegiatan “Bakti Kita Untuk Jakarta”, yang dilakukan serentak di wilayah Jakarta pada Minggu, 19 November 2023.

Bakti Kita Untuk Jakarta, adalah sebuah kegiatan kerja bakti massal bersinergi bersama seluruh lapisan masyarakat Jakarta, mulai dari tingkat Provinsi, kota administrasi, kecamatan, kelurahan, hingga tingkat RW dan RT. Kegiatan ini berfokus pada pembersihan saluran air mulai dari pengerukan sungai, saluran penghubung (Phb), saluran lokal, dan pembersihan lingkungan sekitar pemukiman warga.

Kegiatan pagi ini, selain menjadi momentum kerja bakti massal di seluruh Jakarta, juga diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat gotong royong yang menjadi budaya dan ciri khas masyarakat Indonesia, termasuk mengajak warga Jakarta untuk turut berperan dalam kebersihan kota serta memupuk rasa kecintaan dan kepemilikan terhadap kotanya.

Untuk tingkat kota, kegiatan berpusat pada pengerukan di Kali Ciliwung atau Kanal Banjir Barat(KBB) sepanjang 6,3 kilometer menggunakan empat alat berat Dinas dan Sudis Sumber Daya Air (SDA) Jakbar. Pembersihan Kolam Olakan Pompa Pondok Bandung dan saluran di lingkungan sepanjang Kali KBB, Kelurahan Kota Bambu Selatan (KBS) dan Kota Bambu Utara (KBU).

"Kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi musim penghujan yang acapkali sering terjadi genangan dan banjir. Mudah-mudahan dengan seluruh keterlibatan masyarakat dan unsur Pemprov DKI Jakarta penanganan masalah genangan dan banjir di musim penghujan bisa diantisipasi dengan sebaik-baiknya," ujar Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, saat memimpin apel aksi “Bakti Kita Untuk Jakarta”, di Jalan Inspeksi Kali KBB, kawasan Rusun KS Tubun, Kelurahan KBS, Kecamatan Palmerah, Minggu (19/11) pagi.

Sedang untuk di tingkat kecamatan, berikut masing masing titik pusat kegiatan aksinya; Kecamatan Cengkareng di Kali Semanan - Duri Kosambi (perbatasan RW 01 & RW 09), Grogol Petamburan(Gropet) di saluran PHB Makaliwe (Makaliwe Raya), Taman Sari, saluran PHB Taman Sari, Tambora di Kali Duri (depan stasiun).

Kecamatan Kebon Jeruk di PHB Persatuan - Villa Kelapa Dua, Kalideres di PHB Citra I, Palmerah, di PHB Wijaya Kusuma, dan Kecamatan Kembangan di Taman Aries. Selain di lokasi lokasi tersebut, kerja bakti masal juga serentak dilakukan di 56 kelurahan, 586 RW dan 6.499 RT di seluruh Jakarta Barat dibawah komando Lurah, Camat, Ketua RW/RT.

Kelurahan KBS, KBU dan Jati Pulo melibatkan 423 personel ASN perwakilan dari Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Suku Dinas SDA dan Satpol PP Kota serta menurunkan 542 personel Pasukan Pelangi, dengan rincian Sudis SDA 370 personil, Sudis Bina Marga 54 personel, Sudis Tamhut 50 personel, Sudis Perhubungan 8 personel, dan UPS Badan Air 60 personel.

"Semoga Bakti Kita Untuk Jakarta yang dimulai hari ini menjadi momentum kembalinya ciri khas gotong royong warga Jakarta dan dapat meningkatkan kerukunan antar warga," pungkasnya. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS