Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Sekretaris Kota Jakbar Buka Sosialisasi Musrenbang Kelurahan Tahun 2022

Pembangunan 19 Januari 2022  95 Reporter : Wahyu CP


Pembangunan      


Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, membuka sosialisasi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan tahun 2022 yang berlangsung di kantor Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanppeko) Jakarta Barat, Rabu (19/1). Sementara Musrenbang tingkat kelurahan rencananya dilaksanakan pada 24 Januari hingga 3 Februari 2022. 

"Sosialisasi ini dilakukan sebagai rapat persiapan dan konsolidasi para stakeholder dan para pemangku kepentingan terkait pelaksanaan musrebang tingkat kelurahan," tutur Iin Mutmainnah, dalam sambutannya. 

Iin melanjutkan, pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan tahun 2022 bukanlah sekadar agenda rutin setiap tahun. Namun lebih pada keseriusan dan pemahaman dalam menyusun suatu perencanaan. Perencanaan yang sukses tentu menghasilkan pelaksanaan yang sukses. 

Ia berharap agar para lurah dan camat dapat menyusun suatu perencanaan yang baik secara indikator, program, kegiatan dan sebagainya, sesuai skala prioritas kebutuhan masyarakat. "Minimalisir kesalahan dan hindari kesalahan berulang. Pastikan indikator perencanaan ini sesuai skala prioritas kebutuhan masyarakat,"tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Kota Jakarta Barat memberikan sejumlah hal penting buat para lurah dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan tingkat kelurahan tahun 2022. "Pertama, Lurah adalah manager di daerah yang dipimpinnya, supaya pandai-pandai mengatur serta memahami apa yang dibutuhkan warga. Kedua, memperhatikan betul dalam melakukan supervisi dan verifikasi apa yang menjadi rekomendasi dari hasil rembuk RW tahun 2022, tentukan skala prioritas," jelasnya. 

Hal penting lainnya, lanjut Iin, lurah menyusun rencana kerja kelurahan tahun 2023 untuk dibahas pada forum Musrenbang Kelurahan, melakukan verifikasi dan validasi bersama tim teknis UKPD hasil usulan rembuk RW tahun 2022 yang akan diinput dalam sistem e-Musrenbang serta tim teknis, baik kelurahan dan kecamatan, diharapkan bersinergi melakukan verifikasi lapangan terkait usulan rembuk RW agar dapat dilakukan penanganan yang baik.

Pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan tahun 2022 rencananya dilaksanakan pada 23 Januari hingga 3 Februari. Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, akan membuka kegiatan tersebut di kantor Kelurahan Kalideres. 

Di hari yang sama, pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan juga serentak berlangsung di tujuh kelurahan lainnya. "Sementara 7 kelurahan lainnya yang melaksanakan musrenbang secara online, yakni kelurahan Glodok (Tamansari), kelurahan Krendang, (Tambora), Kelurahan Wijaya Kusuma (Grogol Petamburan), Kelurahan Slipi (Palmerah), kelurahan Duri Kepa (Kebon Jeruk), Kelurahan Joglo (Kembangan) dan Kelurahan Rawa Buaya (Cengkareng).

Sementara itu, Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanppeko) Jakbar, Achmad Ichsan Tasik mengatakan, pelaksanaan musrenbang dilaksanakan atas dasar instruksi gubernur DKI Jakarta No.62 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Musrenbang rencana kerja pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 dan instruksi Walikota Jakarta Barat No.1 Tahun 2022 tentang pelaksanaan Musrenbang Kelurahan tahun 2022.

Musrenbang tingkat kelurahan akan dilaksanakan pada minggu ke-IV Januari hingga minggu pertama Februari tahun 2022. "Para lurah wajib menyelenggarakan musrenbang kelurahan secara daring serta wajib menerapkan protokol kesehatan pada setiap proses pelaksanaan." ujarnya. 

Hal lain yang patut diketahui adalah kewajiban para lurah menginformasikan pada pemangku kepentingan yang tidak hadir dalam rembuk RW dan ingin memberikan usulan. "Semua itu diinput secara mandiri melalui kanal usulan langsung pada sistem musrenbang.jakarta.go.id selama fase rembuk RW hingga musrenbang kelurahan tahun 2022," jelasnya. (why)  

 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga