Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Ratusan Bus AKAP di Terminal Kalideres Sudah Uji Kelaikan

Kesejahteraan Masyarakat Jumat, 29 Maret 2024 - 14:12  63 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Bus AKAP di terminal Kalideres

Kesejahteraan Masyarakat

Ratusan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal bus Kalideres, Jakarta Barat telah menjalani ramp check atau uji kelaikan oleh Kementerian Perhubungan dan Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Kedaung Kaliangke. 

Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnain, menjelaskan menyambut hari Raya Idul Fitri pihaknya sudah mempersiapkan diri, salah satunya dengan melakukan ramp check secara bertahap pada bus AKAP yang dilakukan oleh Kemenhub dan UP PKB Kedaung Kaliangke serta tes urine pada awak bus sejak dua bulan lalu. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil survey yang dilakukan Kemenhub untuk arus mudik tahun ini akan ada lonjakan penumpang yang kemungkinan berangkat dari terminal bus AKAP Kalideres yang bisa mencapai 7.000 hingga 8.000 penumpang dibanding tahun 2023 yang memberangkatkan sebanyak 5.655 penumpang.

"Pra ramp check pada bus dilakukan untuk memastikan saat arus mudik lebaran semua bus benar-benar dalam kondisi baik dan laik jalan," jelas Revi, Jumat (29/3). 

Lebih lanjut ia menyebut, pra ramp check setiap hari 30 bus. Pengecekan utama terdiri atas rem, ban, kaca spion, lampu utama dan sen, kondisi mesin dan lainnya. Selanjutnya pengecekan pendukung, seperti alat pemukul kaca, kelengkapan kesehatan P3K, dongkrak, APAR dan lainnya. 

"Untuk pengecekan yang utama semua bus dalam kondisi baik dan laik jalan. Sedang untuk yang pendukung masih ada yang belum lengkap hingga diminta untuk segera dilengkapi. Ramp check akan terus dilakukan dari H-7 hingga H+7," katanya.

Revi menambahkan, pihaknya juga akan segera mempersiapkan dengan mendirikan tiga tenda posko. Yakni posko untuk petugas keamanan, seperti Satpol PP, Dishub, Polisi, TNI, Pramuka, Senkom dan lainnya. Kemudian posko kesehatan untuk petugas dari puskesmas dan posko petugas ramp check yang nantinya akan ditempati sebanyak 150 petugas gabungan setiap hari. 

"Untuk puncak arus mudik penumpang akan berlangsung sekitar H-3 dan H-4 atau tanggal 6 dan 7 April 2024. Untuk tujuan mudik favorit, yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Malang, Surabaya, Jogyakarta. Saat ini tiket sudah habis terjual. Tapi akan disiapkan armada tambahan sehingga masyarakat yang hendak mudik tidak perlu khawatir," pungkasnya. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS