Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Pemkot Jakbar Tinjau Kondisi Saluran Air di RW 04 Rawa Buaya

Pembangunan Senin, 5 Februari 2024 - 15:19  100 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Foto Fdl - Tim gabungan Pemkot Jakbar meninjau kondisi saluran di lingkungan RW 04 Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng

Pembangunan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan peninjauan lapangan terkait tindak lanjut masalah genangan di lingkungan RW 04 Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Senin (5/2). 

Melibatkan instansi terkait, seperti Sudis Sumber Daya Air (SDA), Sudis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Suku Badan Perencanan Pembangunan Daerah, kelurahan Rawa Buaya dan Kecamatan Cengkareng. 

Lurah Rawa Buaya, Junaidi mengatakan peninjauan lapangan dilakukan untuk menindaklanjuti permasalahan genangan yang terjadi di lingkungan RW 04 Rawa Buaya. 

"Pekan lalu, wilayah RW 04 tepatnya di RT 05, 06, 11 dan 15, terendam banjir atau genangan. Ini disebabkan, selain curah hujan tinggi juga terjadi akibat meluapnya Kali Angke," tuturnya. 

Selain itu, kondisi eksisting saluran air di wilayah RW 04 juga mempengaruhi terjadinya genangan. "Kebetulan ujung dari saluran mikro berakhir di lahan milik perusahaan swasta yang letaknya persis di belakang kantor Kelurahan Rawa Buaya. Perusahaan itu memang telah membangun sistem drainase, namun menurut Sudis SDA Jakbar, perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi seperti apa, ini yang nanti kita tunggu," jelasnya. 

Kondisi saluran yang berbelok-belok atau patah-patah, lanjut Junaidi, juga membuat aliran air tidak lancar. Pemkot Jakarta Barat melalui Sudis SDA akan melakukan kajian terhadap saluran air tersebut. 

"Sebagai solusi, pihak SDA sedang mengkaji saluran yang ada. Kalau ketinggian saluran dirasakan kurang maka perlu perbaikan, termasuk sistem saluran untuk dibuat lurus menuju kolam olakan sebelum dipompa ke Kali Angke," katanya. 

Sementara itu, Ketua RW 04 Rawa Buaya, Jupri Ahmad mengapresiasi langkah Pemkot Jakarta Barat dalam penanganan banjir di lingkungan RW 04 Kelurahan Rawa Buaya. 

"Kegiatan ini sangat penting buat warga RW 04 Rawa Buaya, agar apa yang diinginkan warga dapat terpenuhi. Jangan sampe setiap hujan, wilayah kami kebanjiran atau tergenang," tuturnya. 

Ia mengakui bahwa sejak dulu permukiman RW 04 tak luput dari banjir. Bedanya, banjir atau genangan terjadi saat beberapa hari hujan. Saat ini, hujan sehari saja sudah tergenang. Ketinggian air setinggi betis orang dewasa. 

"Saya berharap Pemkot Jakarta Barat bisa memperbaiki sistem drainase di lingkungan RW 04 Kelurahan Rawa Buaya. Sehingga warga bisa terbebas dari banjir atau genangan," tandasnya. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
26 Februari 2024

200 Warga dan ASN Ka...

...    
26 Februari 2024

Pj Gubernur Heru Bag...

...    
26 Februari 2024

Pemkot Jakbar Tingka...

...    
26 Februari 2024

DKI Mulai Bertahap M...

...    
24 Februari 2024

40 Anak RW 09 Angke...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS