Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Ribuan Personel Pemkot Jakbar Bersama Masyarakat Bersihkan Saluran dan Kali

Pembangunan Minggu, 19 November 2023 - 14:56  240 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Aksi Bakti Kita untuk Jakarta di wilayah Jakarta Barat

Pembangunan

Ribuan personel gabungan ASN, PJLP pasukan pelangi, PPSU, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Jakarta Barat bersama warga dan unsur masyarakat kerja bakti membersihkan kali, saluran penghubung (PHB) dan saluran mikro di lingkungan permukiman penduduk, Minggu (19/11) pagi.

Kegiatan serentak se Provinsi DKI Jakarta dengan tema "Bakti Kita untuk Jakarta" ini digelar di seluruh wilayah Jakarta Barat yang terdiri atas delapan kecamatan, 56 kelurahan, 586 RW dan 6.499 RT. Untuk tingkat kota, aksi tersebut dipusatkan di Jalan Inspeksi Kali KBB, kawasan Rusun KS Tubun, Kelurahan Kota Bambu Selatan (KBS) Kecamatan Palmerah.

Di lokasi ini, sebelum aksi bersih-bersih kali dan saluran, seribu lebih personel gabungan, tokoh masyarakat dan unsur masyarakat mengikuti apel yang dipimpin Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto. Hadir jajaran pimpinan SKPD/UKPD dan aparat wilayah setempat, antara lain Wakil Wali Kota Jakbar, Hendra Hidayat, Seko Jakbar, Indra Patrianto, para asisten, Ketua TP PKK Jakbar Lisniawati Uus dan jajaran.

Personel yang terlibat aksi di kawasan tersebut sekitar 423 ASN gabungan perwakilan Kelurahan KBS, KBU, Jati Pulo, Bagian PLH, Sudis SDA, LH, Bina Marga, Satpol PP, PKK serta unit sektoral lainnya termasuk 542 personel Pasukan Pelangi, dengan rincian Sudis SDA 370 personel. Jumlah tersebut belum termasuk warga, RT/RW dan elemen masyarakat. 

Untuk mengeruk dan mengangkut lumpur Kali KBB serta saluran-saluran di lingkungan sekitar dikerahkan sebanyak empat armada berat jenis ekskavator apung dan 25 dump truk juga dikerahkan ke lokasi. Wali Kota Uus beserta jajaran juga keliling lingkungan permukiman warga monitor kerja bakti di sekitar Jalan Inspeksi Kali KBB wilayah Kelurahan KBS dan KBU serta mengecek rumah pompa Pondok Bandung.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menjelaskan, kegiatan "Bakti Kita untuk Jakarta" di wilayah Jakarta Barat serentak dilakukan di delapan kecamatan dan 56 kelurahan. Melibatkan seluruh jajaran ASN, PJLP Pemkot Jakbar, warga dan elemen masyarakat.

"Untuk di Jakarta Barat kami laksanakan serentak di delapan kecamatan dan 56 kelurahan. Pengerahan personel yang banyak dari seluruh ASN dan PJLP termasuk masyarakat dengan alat-alat yang diperbantukan. Untuk alat berat sekitar 30 dan truk ada 80," sebut Uus didampingi Kasudis SDA Jakbar, Purwanti Suryandari.

Diharapkan, dengan kerja bakti massal yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kondisi kali dan saluran dalam keadaan siap sebagai antisipasi musim penghujan.

"Inti kerja bakti masal ini dengan melibatkan masyarakat, Bapak Pj Gubernur DKI Jakarta berharap ini bisa mengantipasi di musim penghujan. Mudah-mudahan dengan antisipasi ini paling nggak meminimalisir terjadinya genangan atau banjir di musim penghujan," pungkas Uus. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS