Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Tim Penilai Lomba Kelurahan Kota Jakbar Verlap di Kelurahan Semanan

Pemerintahan Selasa, 23 Mei 2023 - 23:25  169 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Tim Penilai lomba kelurahan tingkat Kota Jakbar melakukan pemeriksaan administrasi dan kelengkapan dokumen di Kelurahan Semanan.

Pemerintahan

Tim penilai lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat melaksanakan verifikasi lapangan di Kelurahan Semanan, Selasa (23/5). Mereka melakukan penilaian sekaligus pemeriksaan administrasi dokumen serta evaluasi. 

Sekretaris Tim Penilai lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat, Rano Rahmat Effendi mengatakan bahwa Kelurahan Semanan, masuk lima besar Kelurahan terbaik pada lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat. 

Keberhasilan Kelurahan Semanan tersebut tentunya  berkat kerja keras Lurah Semanan, Bayu F. Gantha  bersama jajarannya.

"Kehadiran kami di sini hanya untuk mencocokan data yang sudah disajikan pak lurah melalui googledrive. Kami lihat lurah Semanan sudah siap untuk mengikuti lomba ini," tuturnya. 

Meski begitu, Rano mengemukakan bahwa lomba kelurahan ini lebih bersifat pada pembinaan, sekaligus melihat potensi dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan. 

Sebelum melakukan verifikasi lapangan, pria yang menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Kota Jakarta Barat mengenalkan 21 anggota tim penilai lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat. 

Sementara itu, Lurah Semanan, Bayu F Gantha berharap, kegiatan ini bisa memperbaiki kinerja, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sekaligus membawa manfaat bagi ASN dan masyarakat Kelurahan Semanan. 

Dalam kesempatan itu, Bayu F Gantha memaparkan sejumlah inovasi yang menjadi unggulan kelurahan Semanan dalam lomba ini. Inovasi yang dimaksud adalah Sobat Lurah dan M-Basesa. 

"Pertama aplikasi berbasis WA. Namanya, Sobat Lurah. Itu dasarnya, kita ingin masyarakat yang mengurus layanan secara manual, mereka sudah mengetahui semua persyaratan yang dibawanya. Layanan Sobat Lurah ini, seperti informasi pelayanan yang ada di masyarakat. Ketika masyarakat mau buat surat pengantar menikah, misalnya, persyaratan terkait itu sudah ada pada aplikasi berbasis WA tersebut," paparnya.

Lanjut Bayu, Inovasi kedua adalah M-Basesa (Mobile Balita Sehat Semanan). Layanan ini dibuat untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi kasus stunting.

"Jadi isi dalam aplikasi itu berupa data base seluruh balita yang ada di Semanan," ujarnya. 

Masyarakat yang memiliki balita bisa mengecek data, mulai dari penimbangan berat badan, imunisasi dan sebagainya.

"Ini nantinya bisa menggantikan buku kartu yang dibawa ke posyandu," tambahnya. 

Verifikasi lapangan lomba kelurahan tingkat Kota Jakarta Barat diisi dengan evaluasi dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
23 Februari 2024

1.122 Paket Beras Ba...

...    
23 Februari 2024

Satpel SDA Kebon Jer...

...    
23 Februari 2024

Wali Kota Jakbar Res...

...    
23 Februari 2024

Petugas Gabungan Kel...

...    
23 Februari 2024

50 Pohon Tabebuya Di...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS