Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Pj Gubernur DKI Tinjau Kali Pesanggahan di RW 09 Kembangan Selatan

Pembangunan 19 Januari 2023  83 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono didampingi Pj Sekda DKI, Uus Kuswanto, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko saat meninjau bantaran kali Pesanggrahan, di Jl H Briti B, RT 05/09 Kembangan Selatan.

Pembangunan      


Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau bantaran kali Pesanggrahan, di lingkungan permukiman warga RT 05/09, Jalan H. Briti B, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (19/1).

Didampingi Pj Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, anggota DPRD DKI, sejumlah pejabat Pemprov DKI, Pemkot Jakbar dan aparat wilayah setempat, Heru Budi Hartono langsung menuju pinggir kali Pesanggrahan dan kawasan permukiman warga yang kerap dilanda banjir karena luapan air kali. Di lokasi tersebut ia melihat kondisi eksisting kali yang belum ditanggul (sheet pile).

Dari lokasi, Pj Gibernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sempat memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada warga di lingkungan bantaran kali. Menurutnya, Pemprov DKI dalam waktu dekat akan membangun tanggul dinding penahan atau sheet pile sepanjang 1.400 meter di bantaran kali Pesanggrahan yang melintasi lingkungan Jalan Haji Briti B RT 05/09, Kembangan Selatan. 

Pembangunan sheet pile untuk mencegah air kali Pesanggrahan meluap ke permukiman warga dan jalanan.

"Kurang lebih panjangnya 1.400 meter dan jalur yang kita pakai itu menggunakan yang sudah ada (existing). Diperkirakan selesai tahun ini," jelas Heru. Di kawasan tersebut sheet pile akan dibangun sepanjang 765 di sisi timur dan 605 di sisi Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Yusmada Faizal menambahkan tanggul tersebut bisa menahan luapan air kali Pesanggrahan ke permukiman warga sekitar, bahkan dapat menahan air yang biasa menggenangi Jalan Kedoya Raya dan pintu tol Jakarta-Tangerang. Ia mengungkapkan, saat ini prosesnya sedang tender pengadaan sheet pile. 

Setelah proses tender selesai, sheet pile segera dipasang di bantaran kali dan tidak menggunakan lahan warga. Namun Yusmada mengakui, tidak menutup kemungkinan beberapa rumah warga akan terkena dampak dari pembangunan sheet pile.

"Kita manfaatkan trase eksisting kalinya dulu. Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa hal yang harus dibicarakan dengan warga, untuk pembebasannya," jelasnya. 

Sedang untuk anggaran pembangunan sheet pile, Yusmada menyebut dana yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp 40 miliar. Diharapkan, setelah di-sheet pile kawasan sekitar tidak lagi terdampak banjir akibat luapan kali Pesanggahan. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
29 Januari 2023

Presiden Jokowi Buka...

...    
29 Januari 2023

Ribuan Pelajar se-Ja...

...    
27 Januari 2023

Ratusan Peserta Tela...

...    
27 Januari 2023

3 Pilar Kecamatan Pa...

...    
27 Januari 2023

Penataan Kawasan Kel...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga