Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Jalan Arjuna Utara TDS Disulap Jadi Instagramable Untuk Berswafoto

Pembangunan 16 Januari 2023  66 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Taman dan mural yang dibuat di kolong tol, Jalan Arjuna Utara, Grogol Petamburan.

Pembangunan      


Penataan kawasan di Kelurahan Tanjung Duren Selatan (TDS) Kecamatan Grogol Petamburan, sudah rampung 100%.  Kawasan yang semula tempat pembuangan sampah, kini "disulap" menjadi taman nan indah dengan lukisan mural cantik. Bahkan, banyak pengguna jalan memanfaatkan tempat tersebut untuk berswafoto (selfie). 

Adalah penataan kawasan Kelurahan Tanjung Duren Selatan, tepatnya di sisi kolong tol Kebon Jeruk, Jalan Arjuna Utara. 

"Kami apresiasi kinerja pemkot Jakarta Barat, terutama camat, lurah dan tokoh masyarakat serta para pengurus RW 01, sehingga terlaksana pembuatan taman kawasan unggulan di lingkungan RW 01," tutur Ketua RW 01 Tanjung Duren Selatan, Samsudin, saat ditemui di lokasi penataan kawasan Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Senin (16/1). 

Menurutnya, kawasan sepanjang kurang lebih 200 meter itu semula tidak terawat, bahkan dijadikan tempat pembuang sampah. Namun, setelah ada program penataan kawasan, kini kawasan itu menjadi taman dengan hiasan mural pada dinding tol. 

"Saya bahagia karena dulu sebagai tempat pembuangan sampah, alhamdulillah setelah ada penataan kawasan, terlihat cantik. Jadi warga tidak lagi membuang sampah di sini. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk selfie," ujarnya. 

Setelah tertata rapih dan indah, lanjut  Samsudin,  pihaknya akan menjaga dan merawatnya. "Tentunya, khusus dari pengurus RW, untuk menjaga dan merawat agar tidak seperti dulu. Saya akan monitor dan kontrol setiap hari," tambahnya. 

Sementara itu, Plt. Camat Grogol Petamburan, Joko Mulyono mengatakan, penataan kawasan di wilayah Tanjung Duren Selatan, merupakan kawasan unggulan di wilayah Kecamatan Grogol Petamburan. Areal sepanjang kurang lebih 200 meter tersebut ditata menjadi taman dan mural. Pengerjaannya dilakukan sejak bulan Oktober hingga Desember 2022.

"Ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2022. Ini sudah selesai. 100%. Kita minta sumber daya air untuk merapihkan saluran, karena pada ujung jalan ini agak rendah, dan tergenang saat musim hujan. Alhamdulillah, sudah rapih," tuturnya. 

Selain pembenahan saluran air, lanjut Joko, penataan dilakukan sudis KPKP dan Sudis Pertamanan. Mereka membuat taman dengan aneka tanaman hias. Sementara dinding beton kolong tol dibuat hiasan mural.  

"Ini semua hasil kolaborasi dengan warga, pengurus RW serta sejumlah CSR untuk membuat hiasan mural dengan tema Sukses Jakarta untuk Indonesia," tuturnya. 

Ia berharap sekaligus berpesan kepada lurah dan pengurus RW  untuk menjaga dan merawat areal yang sudah tertata rapih, bersih dan hijau tersebut. Karena membangun itu lebih mudah ketimbang merawat. 

"Saya pesan kepada lurah, RW dan masing-masing  satpel di kecamatan, untuk merawatnya, termasuk ibu-ibu kader. Sehingga warga yang menikmati merasa senang dan gembira," tambahnya. (why) 

 

 




BERITA TERBARU
...    
29 Januari 2023

Presiden Jokowi Buka...

...    
29 Januari 2023

Ribuan Pelajar se-Ja...

...    
27 Januari 2023

Ratusan Peserta Tela...

...    
27 Januari 2023

3 Pilar Kecamatan Pa...

...    
27 Januari 2023

Penataan Kawasan Kel...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga