Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

94 Buruh di Jakarta Barat Mendapatkan KPJ

Pembangunan 28 April 2022  101 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Plt Wakil Walikota Jakbar memberikan secara simbolis kartu pekerja

Pembangunan      


Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakerstrangi) Jakarta Barat mendistribusikan Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) kepada 94 pekerja di Jakarta Barat, Kamis (28/4). KPJ memiliki sejumlah manfaat, satu diantaranya pembelian pangan murah. 

Usai menyerahkan secara simbolis KPJ, Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah mengatakan, KPJ yang diberikan pada buruh memiliki tiga hal yakni menggunakan fasilitas MRT, pembelian bahan pangan murah dan subsidi KJP plus. 

"Pemberian KPJ ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pemprov DKI Jakarta pada buruh," ujarnya. 

Kartu Pelajar Jakarta (KPJ) diperuntukkan buat buruh yang salah satu syaratnya mendapatkan upah bulanan di bawah Rp 5 juta. "Memiliki KPJ tentunya sangat bermanfaat guna mengurangi beban hidup," paparnya.  

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Barat, Jackson Sitorus menuturkan pemberian KPJ hanya dalam bentuk buku tabungan dan kartu ATM dari Bank DKI tanpa saldo. 

Untuk saldonya diisi oleh masing masing buruh. Namun bermanfaat untuk tiga hal tersebut yang salah satunya untuk pembelian pangan murah di pasar milik Perumda Pasar Jaya sangat murah. 

Misalnya, untuk beras lima kilogram dibeli Rp 30.000, daging sapi satu kilogram Rp 35.000, telur ayam Rp 10.000 per tray, daging ayam Rp 8.000 per ekor, ikan kembung Rp 13.000 per kilogram dan susu Rp 30.000 per karton dengan isi 24. 

Dan syarat buruh mendapatkan KPJ, lanjut Jackson, yaitu memiliki KTP DKI Jakarta, masa kerja tidak dibatasi, gaji di bawah Rp 5.000.000, perusahaan berlokasi di DKI Jakarta dan membuka rekening Bank DKI dengan saldo minimal Rp 50.000.

Dan hingga saat ini dari tahun 2018 sudah sebanyak 8.600 pekerja yang sudah dapat KPJ."Pemerintah terus memberikan dukungan dan fasilitas pada masyarakat sebanyak banyaknya. Dan dengan kartu tersebut dapat membantu meringankan beban perekonomian buruh," ucapnya. 

Sementara itu Koko Dwi Susanto (39) warga Cengkareng Timur mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah. Buruh PT ABC di Jalan Daan Mogot ini akan memanfaatkan KPJ untuk kebutuhan sehari-hari. 

" Saya ucapkan terimakasih pada Pemprov DKI Jakarta atas pemberian KPJ ini. Sebab, dengan adanya kartu ini sangat membantu meringankan pengeluaran untuk memenuhi segala kebutuhan dan keperluan saya dengan dua anak," tandasnya.(why) 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga