Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Jumat Berfaedah, Wali Kota Jakbar Sambangi Tiga Lokasi

Kesejahteraan Masyarakat 03 December 2021  88 Reporter : H.Ahmad Mujahid


Kesejahteraan Masyarakat      


Program Jumat Berfaedah pekan ini menyasar tiga lokasi di Jakarta Barat, yakni RT 03/04 Kelurahan Semanan, Masjid Mardhotillah Kedaung Kaliangke dan Masjid Al Hurriyah Puri Indah, Kembangan Selatan, Jumat (3/12).

Bersama jajaran unit terkait, Wali Kota Jakarta Barat H Yani Wahyu Purwoko mengunjungi lokasi pertama di jalan Alas Tua, Kampung Gaga, RT 03/04 Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres. Di lokasi tersebut H Yani menyambangi rumah warga yang akan dibedah. Hadir mendampingi, Asekbang Imron Sjahrin, Aspem Yunus Burhan, Adkesra Amien Haji, Ketua TP PKK Jakbar Lilia Sentosa Yani, para kabag, aparat wilayah, RT-RW setempat dan unsur lainnya. 

Dari situ, ia bersama tim terpadu yang terdiri atas jajaran UKPD Pemkot Jakbar, MUI, DMI, FKUB dan lainnya melanjutkan ke Masjid Mardhotillah Kedaung Kaliangke Kecamatan Cengkareng. Di sini H Yani menyerahkan surat IMB masjid serta memberikan bantuan untuk masyarakat setempat berupa kursi roda dan tongkat/kruk. Dari situ ia melanjutkan kunjungan ke Masjid Al Hurriyah Puri Indah, Kelurahan Kembangan Selatan Kecamatan Kembangan sekaligus melihat lokasi untuk penanaman pohon anggur. 

H Yani menjelaskan, program Jumat Berfaedah meliputi beberapa kegiatan, di antaranya bedah rumah, penanaman pohon anggur dan pohon buah di tempat-tempat ibadah. “Khusus di masjid kita akan tanam pohon anggur, supaya masjid asri. Nanti kita desain sedemikian rupa, koordnasi dengan pengurus masjid, lihat situasi di lapangan. Termasuk uga tempat-tempat ibadah lainnya kita tanami pohon buah,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung H Yani, membantu para pengurus masjid melakukan penyertifikatan masjid atau IMB. “Nanti kita bantu dengan tim Jumat Berfaedah, supaya percepatan memperoleh penyertifikatan dan IMB terhadap rumah-rumah ibadah,” jelas H Yani. Berikutnya santunan stimulus kepada masjid masjid termasuk fakir miskin, anak yatim dan dhuafa. Kegiatan lainnya solat Jumat bersama dengan imam atau khotib dari umaro (pejabat Pemkot Jakbar).

“Jadi, Jumat Berfaedah ada enam programnya. Bedah rumah, beautifikasi tempat-tempat ibadah dengan menanam pohon buah anggur dan lainnya, penyertifikatan, bantu IMB, santunan kepada anak yatim, fakir miskin, dhuafa dan bagi masyarakat yang sakit kita kunjungi untuk diberikan santunan. Kalau memang butuh kursi roda, kita berikan atau kruk dan sebagainya, kita sudah siapkan. Kegiatan lainnya Jumat bersama, bisa jadi imam atau khotib.”

Ia menambahkan, program tersebut untuk memastikan situasi dan kondisi masyarakat sekaligus bersilaturrahim dengan para pengurus masjid dan tempat ibadah lainnya. “Tujuan Jumat Berfaedah, kita ingin memastikan situasi warga masyarakat di lapangan, baik huniannya layak atau tidak, apakah ada warga kita yang sakit menahun dan lainnya. Ini perlu kita bantu, kita perhatikan apakah perlu kursi roda dan sebagainya. Intinya kita turun ke lapangan, memastikan warga kita dalam keadaan baik,” pungkas H Yani (Aji)   




BERITA TERBARU
...    
20 January 2022

Vaksinasi di Pegadun...

...    
19 January 2022

Antisipasi Kerumunan...

...    
19 January 2022

Sekretaris Kota Jakb...

...    
19 January 2022

Genangan di Wilayah...

...    
19 January 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga