Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

PPSU dan Warga RW 09 Maphar Bersih-bersih Saluran Penghubung

Pemerintahan 01 December 2021  60 Reporter : Wahyu CP


Pemerintahan      


Belasan petugas PPSU bersama masyarakat bergotong royong melakukan kerja bakti membersihkan saluran penghubung di Jalan Kebon Jeruk 17, RW 09, Maphar, Minggu (28/11). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya genangan pada musim penghujan. 

Lurah Maphar, Sri Pujiastuti mengatakan, kerja bakti secara rutin dilaksanakan pada setiap lingkungan RW di wilayah Maphar. Kegiatan ini melibatkan masyarakat, pengurus RW dan RT serta dibantu anggota PPSU kelurahan dan petugas Sudis SDA Jakarta Barat. 

Kerja bakti yang berlangsung di lingkungan RW 09 Maphar difokuskan membersihkan saluran penghubung yang mengalami pendangkalan. Mereka saling bergotong-royong menguras lumpur dan sampah. Hasil pengurasan dimasukkan dalam karung sebelum akhirnya diangkuti dalam mobil bak sampah.   

"Kami bersihkan saluran air yang mengalami pendangkalan. Ini sebagai langkah antisipasi genangan karena saat ini sudah masuk musim hujan," tutur Sri. 

Sri mengakui, petugas sempat menemui kesulitan saat menguras lumpur lantaran sebagian saluran tertutup bangunan. Sehingga mereka terpaksa "ngolong" untuk melakukan pengurasan. Selain itu, masih ada warga yang memanfaatkan saluran sebagai tempat pembuangan tinja. 

"Kami akan buat surat kepada warga untuk membuat bak kontrol agar mudah membersihkan saluran. Sementara untuk pembuangan tinja, kami minta petugas untuk menutup saluran pembuangan tinja warga. Selanjutnya, kami akan bikin surat permohonan pembuatan septitank MCK kepada Baznas (Bazis) Jakarta Barat," tuturnya. 

Dalam kegiatan bersih-bersih saluran, lanjut Sri Pujiastuti, petugas berhasil mengumpulkan 4 meter kubik lumpur. "Kami berkoordinasi dengan pihak Sudis SDA untuk pengangkutan hasil pengurasan saluran," tambahnya. (why) 

 

 

 




BERITA TERBARU
...    
19 January 2022

Antisipasi Kerumunan...

...    
19 January 2022

Sekretaris Kota Jakb...

...    
19 January 2022

Genangan di Wilayah...

...    
19 January 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

...    
19 January 2022

Sudis Tamhut Evakuas...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga