Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Tim Verifikasi Lomba PAAR Tingkat Nasional Sambangi Kelurahan Tambora

Kesejahteraan Masyarakat Kamis, 26 Juli 2018  555 Reporter : H.Ahmad Mujahid


Kesejahteraan Masyarakat

Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi bersama Wakil Ketua TP PKK DKI Jakarta, Nur Asia Uno, menerima tim verifikasi lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di kantor Kelurahan Tambora Kecamatan Tambora, Kamis (26/7) pagi. Hadir Ketua TP PKK Jakbar Hj Inad Luciawaty dan jajarnnya. 

Kedatangan tim verifikasi disambut drum band, atraksi pencak silat, dan puisi dari karang taruna Kelurahan Tambora. Wali Kota H Rustam Effendi menjelaskan, Kelurahan Tambora merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Kecamatan Tambora. Namun di kecamatan tersebut masih ada yang lebih padat lagi, yakni wilayah Kelurahan Kalianyar.  
Kepadatan penduduk di wilayah kelurahan Tambora kurang lebih 12 ribu jiwa dengan luas wilayah 28,33 Ha. "Kepadatan penduduknya bisa dibilang dua orang/1 meter persegi. Kalau di wilayah Kalianyar, empat orang/1 meter persegi," tutur Rustam. 
Dengan jumlah penduduk yang padat ini tentunya memiliki permasalahan tersendiri, terutama dalam tumbuhkembangkan anak. Anak-anak terkadang sulit mencari tempat bermain dan belajar. Terbatasnya lahan serta banyaknya penduduk ini tentunya mempengaruhi pertumbuhan anak-anak.

"Sebagai solusi, camat, lurah dan pengurus RT dan RW yang menyiapkan ruangan seperti di kantor kelurahan, pos rw atau mushola sebagai tempat belajar. Kami pun ingin menggerakkan jam wajib belajar mulai pukul 6-8 malam," ujarnya. 
Sementara itu Ketua Tim verifikasi lomba Pola Asuh Anak dan remaja tingkat nasional, Sri Sunari, mengaku salut dengan sambutan yang begitu meriah dari para anak dan remaja. Ia dan tim mengucapkan terimakasih kepada jajaran PKK Jakarta Barat yang didukung pemerintahan dalam melaksanakan 10 program PKK yang direalisasikan pada berbagai kegiatan.
Pada hakekatnya, kegiatan ini merupakan sikap gotong royong masyarakat. Sama seperti zaman penjajahan dimana untuk meraih kemerdekaan diraih dengan semangat kemerdekaan dan gotong royong. "Tapi yang kita inginkan saat ini bukan melawan penjajah namun kemiskinan. Melalui kegiatai ini akan tercipta penguatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 
Sebelumnya, Ketua TP PKK Kelurahan Tambora, Helmiyati Bunyamin, memberikan paparan di hadapan tim verifikasi lomba PAAR. Dalam paparan itu, Helmiyati menerangkan, peran PKK Kelurahan Tambora dalam penanganan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang. 
Ia juga memaparkan visi misi, prinsip tahapan dan bentuk pola asuh, program kerja dan sebagainya. "Prilaku tidak menang dan tidak kalah. Jadi orangtua harus memiliki ketegasan, serta perlindungan, kepercayaan serta tanggung jawab terhadap anak," paparnya. 
Usai melakukan pertemuan, tim verifikasi lomba PAAR dengan penuh cinta dan kasih sayang melakukan kunjungan ke lokasi. Tim melihat dari dekat sejumlah titik, seperti pemantauan kesehatan balita dan lansia di Posyandu RW 05 dan RW 03 serta Posbindu di RW 07. Kemudian menyambangi gang hijau di kampung deret RW 04 serta pengajian ibu dan remaja di RW 06. (why/aji) 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS