Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Tim Verlap Proklim Nasional Sambangi Lingkungan RW 02 Kemanggisan

Pembangunan Selasa, 11 Juni 2024 - 16:34  76 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Verlap Proklim Nasional di Lingkungan RW 02 Kemanggisan, Palmerah, Jakbar

Pembangunan

Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Program Kampung Iklim (Proklim) Utama tingkat Nasional 2024 mengunjungi lingkungan RW 02 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (11/6).

Tim terdiri atas dua orang verifikator dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yakni Grace Tri Aprilina dan Dhika Aditya Putra. Disambut atraksi palang pintu, kedatangan tim diterima Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hendra Hidayat, Camat Palmerah, Joko Mulyono beserta jajaran kelurahan, PKK, pengurus RW 02 Kemanggisan dan unsur lainnya, di Sekretariat RW 02, di Jalan Anggrek Garuda, Komplek DPA, RT 02/02 Kemanggisan.

Usai menyimak paparan, tim langsung keliling ke lokasi-lokasi Proklim di wilayah tersebut. Antara lain kebun toga (tanaman obat keluarga), urban farming, taman baca/perpustakaan, bank sampah, kolam gizi, rumah sehat dan lainnya yang semuanya berada di lingkungan kawasan tersebut. selain itu juga lapangan Romsol, untuk lingkungan penghijauannya dan lokasi lainnya.

“Kami menyambut baik sekaligus mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai dan membantu terselenggaranya kegiatan verlap proklim 2024 ini,” ujar Wakil Wali Kota, Hendra Hidayat, mengawali sambutannya. 

Dikatakan Hendra, kegiatan tersebut Insya Allah selain menjadi ajang silaturrahim juga pembelajaran. “Bagaimana kemudian kita sebagai warga masyarakat turut serta berpatisipasi aktif dalam menjaga lingkungan dan kualitasnya. Bukan cuma menjaga lingkungan, tapi juga kualitas lingkungan itu sendiri,” tandasnya.

Hendra mengungkapkan, wilayah tersebut berada di tengah-tengah. “Kalau kita bilang ibukotanya Jakarta Barat, karena berbatasan langsung dengan Jaksel dan Jakpus. Di wilayah Kecamatan Palmerah ini ada dua yang masuk Proklim, jadi wakil Jakarta Barat, yakni RW 02 Kemanggisan dan RW 06 Kota Bambu Selatan,” sebutnya.

Ia pun menyampaikan terima ksih atas semua stakeholder dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi terkait kegiatan Proklim. “Mudah-mudahan upaya yang telah dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal, karena itu merupakan kebanggaan. Ada apresiasi terhadap apa yang kita lakukan, itu menjadi suatu kebanggan tersendiri. Atas nama Pemkot Jakarta Barat kami mengucapkan sekali lagi terima kasih, penghargaan yang setinggi-tingginya,” pungkas Hendra. 

Grace Tri Aprilina, Verifikator dari Kementerian LH dan Kehutanan RI, menjelaskan kedatagannya ke RW 02 Kemanggisan untuk melakukan verlap atau pengecekan lapangan atas usulan kegiatan yang sebelumnya telah didaftarkan.

"Kedatangan kami bukan sebagai penguji, tidak perlu takut, kami juga sambil belaja. Karena Bapak Ibu yang lebih paham akan kegiatan yang dilakukan di lapangan,” tuturnya.

ia mengungkapkan, ia akan mengecek langsung ke lokasi. “Jadi kedatangan kami hari ini, kami akan keliling ke lapangan untuk melihat, mengecek kesesuain apakan aksi-aksi pengendalian perubahan iklim yakni adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang diisikan pada lembaran excel itu sesuai dengan kondisi lapangan,” jelas Grace.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kemanggisan, Wahyu Sakutra, memaparkan hal-hal apa yang telah diperbuat di wilayahnya dengan warga dan stakeholders, semua bersatu sehingga terlaksana program proklim.

“Sebenarnya wilayah kami sudah lama ada proklim, cuma untuk berkembangnya bertahap, lahan yang kita buat juga tidak terlalu banyak, tapi dengan lahan itu bagaimana caranya memanfaatkan dengan maksimal dan bisa berguna,” jelasnya.

Ia pun menyebut lokasi-lokasi yang ditinjau verifikator dan sebagian besar ada di kawasan tersebut. antara lain, toga, kolam gizi, resapan air, bank sampah, rumah sehat, urban farming yang semuanya ada di sekitar kawasan tersebut. "Ada labu madu, banyak dibuat pudding, itu dari hasil kebun kita,” ungkapnya. 

Selain itu, penghijauan di area lapangan Romsol dan urban farming. “Itu kita memang sudah ada, tinggal cara mengembangkan dan merawatnya, yang memang lebih sulit dibanding buat baru. Karena untuk hasil memuaskan. Banyak lansia di sini yang aktif memanfaatkan semua lahan yang ada di rumahnya masing masing untuk berkebun dengan warga sekitar lingkungan,” sambungnya. 

Menurut Wahyu, di wilayah RW 02 Kemanggisan proklim terlaksana dengan baik. “Ini benar-benar sehat, komplit. Jadi sebenarnya sudah ada, kita tinggal membereskan, merapikan tiggal mengolah kembali. Di sini pemanfaatan pekarangan maksimal, ada hidroponik solar cell dan sebagainya. Itu ada di kita, jadi semuanya sudah komplit,” pungkasnya. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS