Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kembangan Jakbar akan Menjadi Lokasi Pelepasan Nyamuk Wolbachia

Kesejahteraan Masyarakat Senin, 10 Juni 2024 - 17:7  352 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Dok Dinas Kesehatan DKI Jakarta - Nyamuk aedes aegypti dengan wolbachia

Kesejahteraan Masyarakat

Wilayah Kecamatan Kembangan Kota Administrasi Jakarta Barat, akan menjadi lokasi pertama pelepasan nyamuk aedes aegypti mengandung bakteri wolbachia. Bakteri wolbachia dapat menghambat replikasi virus dengue dalam tubuh nyamuk.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan terkait implementasi pelepasan nyamuk aedes aegypti mengandung wolbachia di wilayah Kembangan Jakarta Barat. 

"Intinya, kami masih menunggu arahan dari pimpinan (Dinas Kesehatan DKI Jakarta). Sampai saat ini belum melakukan terkait hal tersebut, " tuturnya saat dikonfirmasi, Senin (10/6). 

Ia pun mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui terkait teknis pelepasan nyamuk yang mengandung wolbachia tersebut. Meski begitu, persiapan mengenai hal tersebut telah dilakukan jauh-jauh hari. 

"Sebenarnya kita belum melakukan apa-apa. Kalau untuk persiapan sudah jauh-jauh hari, paling melatih kader, tapi untuk lebih detail teknisnya masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan mempersiapkan implementasi pelepasan nyamuk aedes aegypti mengandung wolbachia di wilayah Jakarta Barat. Uji coba pelepasan nyamuk mengandung wolbachia tersebut dilakukan di wilayah Kembangan. 

"Daftar pertama ada di Jakarta Barat, kita mulai dari Kecamatan Kembangan. Saat ini belum kita mulai, masih persiapan. Jika semuanya siap, termasuk masyarakat baru kita akan melepaskan nyamuk," tutur Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati. 

Meski begitu, Ani Ruspitawati belum memastikan kapan waktu pelepasan nyamuk Aedes aegypti mengandung wolbachia tersebut. 

Dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention, nyamuk wolbachia adalah nyamuk aedes aegypti yang telah diinfeksi dengan bakteri wolbachia. Bakteri Wolbachia adalah bakteri alami yang ditemukan dari berbagai jenis serangga, termasuk nyamuk. Bakteri wolbachia bisa ditransfer melalui telur dan aman untuk manusia.

Sedang dikutip berdasarkan laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Bakteri wolbachia dapat menghambat replikasi virus dengue dalam tubuh nyamuk. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS