Sebanyak 508 produk dan 68 toko Usaha Miiro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudis PPKUKM) Jakarta Barat yang terdaftar pada katalog menu 'Beli Lokal' Tokopedia turut ramaikan kegiatan Jumat Beli Lokal, Strategi Pemasaran Digital Berkelanjutan (JBL SEMARAK) di Live Shopping Tokopedia, Jumat (26/7).
Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakbar, Iqbal Idham Ramid menyebutkan kegiatan Jumat Beli Lokal dengan Strategi Pemasaran Digital Berkelanjutan (SEMARAK) merupakan komitmen dan keseriusan pihaknya dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan UMKM Jakarta Barat.
"Ya, ini merupakan wujud komitmen dan keseriusan kami dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan serta meningkatkan daya saing UMKM di wilayah kami serta memudahkan masyarakat untuk membeli produk UMKM karena dapat diakses melalui platform e-commerce Tokopedia," ujarnya.
Lebih lanjut, Iqbal mengungkapkan bahwa saat ini baru Sudis PPKUKM Jakbar yang menjalin kerjasama dengan Tokopedia dalam menyediakan menu belanja online khusus produk-produk UMKM di Tokopedia dengan jumlah yang didaftarkan sebanyak 68 toko dan 508 varian produk.
"Alhamdulillah, kami telah mendaftarkan 68 toko UMKM Jakarta Barat pada program 'beli lokal' Tokopedia juga menjual 508 produk UMKM yang terdiri dari 382 produk kuliner, 106 produk fesyen dan kerajinan serta 16 produk kecantikan dan kesehatan," ungkapnya.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Jakarta Barat, Lisniawati Uus mengapresiasi Sudis PPKUKM dan Tokopedia yang sudah memfasilitasi pelaku UMKM untuk menjual produknya melalui live shopping di Tokopedia.
"Terima kasih kepada Tokopedia dan Sudis PPKUKM Jakbar. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus terjalin dan produk UMKM Jakbar dapat dibeli dan dijangkau tidak hanya oleh masyarakat Jakbar bahkan mungkin seluruh Indonesia. Tadi saya saksikan program JBL SEMARAK live shopping ini diikuti 3000 viewers ya, semoga tidak hanya menonton tapi juga membeli, sehingga produk UMKM dapat terus eksis dan mampu bersaing dengan produk lainnya," tuturnya.
Digital Creator yang turut memeriahkan live shopping JBL, Agung Karmalogy mengaku senang dan antusias karena dilibatkan dan diundang pada program ini.
"Senang sekali ya dan sangat apresiasi sudah dilibatkan di program ini. Semoga program ini menjadi contoh juga bagi instansi lain untuk memberdayakan UMKM dan para pelaku UMKM semakin berkembang," pungkasnya. (Hfz)