Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Pj. Gubernur DKI Tegaskan Perayaan Lebaran Betawi untuk Perkuat Silaturahmi dan Budaya

Kesejahteraan Masyarakat Minggu, 21 Mei 2023 - 18:5  263 Reporter : Izzudin

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama jajaran dalam perayaan lebaran Betawi di Monas sisi Selatan, Jakarta Pusat

Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  menggelar acara Lebaran Betawi tahun 2023 pada sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/5).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hadir di lokasi Lebaran Betawi 2023 didampingi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Marullah Matali, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, para Wali Kota dan Bupati, salah satunya Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto. 

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Periode 2007-2012 Fauzi Bowo, Senator DPD RI, Sylviana Murni, sesepuh tokoh Betawi, Edi Marzuki Nalapraya, ikut meramaikan dalam perhelatan Lebaran Betawi ini.

Pj. Gubernur Heru menegaskan, perayaan Lebaran Betawi harus menjadi momen untuk merekatkan silaturahmi dan memperkuat budaya Betawi di Kota Jakarta.

“Mari kita jadikan Lebaran Betawi sebagai momen perayaan untuk menjaga dan memperkuat budaya Betawi, serta memastikan silaturahmi dan kekompakan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Betawi yang harmonis di Kota Jakarta,” kata Pj. Gubernur Heru.

Lebaran Betawi tahun 2023 mengambil tema “Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju" yang menekankan pentingnya solidaritas dan kekompakan masyarakat Betawi bersama warga Jakarta dalam mencapai kesuksesan pembangunan Kota Jakarta yang berkontribusi pada kemajuan Indonesia.

“Jakarta akan bertransformasi menjadi kota bisnis berskala global setelah tidak lagi menjadi status Ibu Kota Negara. Kita selaku warga Jakarta harus kompak, jangan ada lagi perselisihan antarwarga, kita harus bekerja sama menguatkan ekonomi lokal, mengembangkan potensi warga, melestarikan budaya Betawi sebagai warisan kekayaan Indonesia yang dapat dinikmati seluruh masyarat dunia,” terang Pj. Gubernur Heru.

Untuk itu, Pj. Gubernur Heru mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menunjukkan ketulusan, keramahan, kehangatan, dan kekompakan masyarakat Betawi kepada setiap orang yang tinggal dan berkunjung agar mereka merasa aman serta nyaman berada di Jakarta. 

“Pengalaman ini akan memberikan kesan baik yang dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembangunan kota dan masyarakat Jakarta,” ujar Pj. Gubernur Heru. 

Pj. Gubernur Heru juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, tokoh agama, tokoh masyarakat, pelaku seni budaya, dan masyarakat yang telah berpartisipasi pada kegiatan perayaan Lebaran Betawi tahun ini.

Acara tersebut dihadiri Gubernur DKI ke-13 periode 2007-2012 Fauzi Bowo, Anggota DPD RI Sylviana Murni, tokoh Betawi dan tokoh pencak silat dunia Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya serta jajaran pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta

Dalam perayaan Lebaran Betawi, para Wali Kota dan Bupati Kepulauan Seribu membawa hantaran khas kuliner Betawi. Hantaran diterima Pj. Gubernur Heru bersama Ibu Mirdiyanti, didampingi Sekda DKI Jakarta, Joko Agus Setyono bersama istri, Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Marulah Matali bersama istri, serta mantan gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Dalam acara tersebut, Pj. Gubernur Heru bersama para pejabat di lingkungan Pemprov DKI dan tamu undangan lainnya mengenakan baju adat bangsawan Betawi, yaitu ujung serong. Sedangkan Ibu Mirdiyanti bersama tamu undangan perempuan mengenakan baju adat kebaya encim.

Acara turut dimeriahkan penampilan musik tanjidor, tari kolosal 100 anak Betawi bersama Sokka Gakai Jepang. Di hari kedua Lebaran Betawi ini, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan palang pintu, atraksi silat, parade budaya Betawi, dan penampilan lenong. Acara berlangsung mulai pukul 07.30-15.00 WIB.

Pj Gubernur mengajak pada masyarakat Jakarta pada momen perayaan Lebaran Betawi untuk menjaga dan memperkuat budaya Betawi. 

"Mari perkuat tali silaturahmi dan menjaga kekompakan dalam kehidupan masyarakat Jakarta," pungkasnya. (Izzu)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS