Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Wali Kota Jakbar Minta Camat dan Lurah Banyak Tanam Pohon

Pemerintahan 23 November 2022  61 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko saat memberikan arahan kepada para camat dan lurah

Pemerintahan      


Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko meminta seluruh jajaran camat dan lurah untuk meningkatkan penanaman pohon di wilayah.

"Saya arahkan para camat dan lurah untuk melakukan penanaman terhadap titik wilayah yang dianggap bisa memungkinkan untuk ditanam pohon supaya udara bagus kemudian rindang," ujarnya, Rabu (23). 

Memperbanyak penanaman pohon itu menindaklanjuti instruksi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, kepada para wali kota dalam upaya mencegah terjadinya genangan atau banjir sekaligus meningkatkan kualitas udara. 

Ia mengakui, sejauh ini program penanaman pohon telah dilaksanakan di sejumlah kecamatan. Namun, itu belum lah  cukup. Karena program ini harus dilakukan di seluruh kecamatan di Jakarta Barat. 

Wali Kota meminta kepada para lurah dan camat untuk aktif mencari lahan milik pemerintah  untuk ditanami pohon pelindung atau pohon produktif.

"Pohon produktif, hasilnya pun bisa dimanfaatkan oleh warga. Saya harap penanaman pohon ini terus dijalankan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Novy Palit mengatakan telah menyiapkan 500 pohon produktif untuk ditanami di setiap kecamatan.

"Kita siapkan 500 bibit jambu jamaika, jambu kristal dan cabai," katanya singkat. 

Dikatakan Novy, ratusan bibit pohon produktif itu akan disebar berdasarkan permintaan jajaran kecamatan dan kelurahan. Misalnya, Kecamatan Kembangan yang sudah meminta 100 pohon untuk ditanami di wilayahnya.  100 pohon produktif itu ditanami di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)  Gajah Tunggal, Kembangan Utara.  Pohon produktif yang ditanami terdiri dari 40 bibit mangga, 30 bibit rambutan dan 30 bibit jambu Jamaika.

Setelah ditanam, pihak Pemkot menyerahkan perawatan pohon produktif itu kepada warga setempat agar  buahnya bisa dinikmati secara langsung.  "Bisa menjadi penambah kebutuhan ekonomi atau dikonsumsi sendiri," tutur Camat Kembangan, Jakarta Barat, Joko Sumarno saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, aparatur Kecamatan Tamansari sudah lebih dulu menanam 85 pohon tabebuya di ruas Jalan Mangga Besar Raya. Aksi penghijauan tersebut menggandeng para Pedagang Kaki Lima (PKL) setempat untuk ikut menanam dan merawat pepohonan. (why)




BERITA TERBARU
...    
28 November 2022

Wali Kota Jakbar Ter...

...    
28 November 2022

Penataan Kawasan Kam...

...    
28 November 2022

Pemkot Jakbar Sediak...

...    
27 November 2022

20 Warga Tertangkap...

...    
27 November 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga