Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Ratusan Kader Gabungan di Tamansari dan Tambora Ikut Apel

Kesejahteraan Masyarakat 17 November 2022  67 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Kader peserta apel sinergitas dalam meningkatkan interaksi dan kepedulian sosial

Kesejahteraan Masyarakat      


Apel dalam rangka sinergitas tingkatkan interaksi dan kepedulian sosial diikuti ratusan kader gabungan Dasawisma, Jumantik dan PKK se Kecamatan Tamansari dan Tambora, Kamis (17/11).

Di Tamansari, mewakili Wali Kota Jakbar, apel dipimpin Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat Iin Mutmainnah. Dihadiri sejumlah pimpinan tingkat kota dan kecamatan, apel diikuti sekitar 200 peserta dari Dasawisma, Jumantik dan PKK. Sedang di Kecamatan Tambora, apel dipimpin Aspem Jakbar Firmanudin Ibrahim.  

Pada kesempatan tersebut Iin mengimbau seluruh kader untuk selalu melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan disiplin. Selain itu, mereka juga diminta peka terhadap kondisi sosial masyarakat di lingkungan masing masing. 

Lebih lanjut dikatakan, sebagai mitra kerja Pemerintah, kader PKK, kader jumantik dan kader dasawisma harus memiliki peran lebih untuk membantu masyarakat agar mendapatkan informasi dan bantuan yang dibutuhkan. 

Untuk itu, ketika melakukan pemantauan jentik atau pendataan wilayah, para kader harus memastikan dan tahu dengan pasti kondisi warga di wilayah.

“Kader jumantik bukan hanya melakukan tugas rutin memantau jentik, tetapi juga mendeteksi apakah balita yang tinggal di rumah tersebut ada yang mengalami kurang gizi,” tutur Iin. 

Kader dasawisma tidak hanya melakukan pendataan sebagai kerja rutin, tapi lihat juga apakah dari 10-20 rumah yang menjadi tanggung jawabnya ada ibu hamil dan balita yang tidak ke Posyandu.

“Jadilah kader yang memiliki jiwa 'detektif' sehingga peka terhadap masalah sehingga kaderlah yang paling pertama melaporkan masalah wilayah melalui RT, RW secara berjenjang. Jadilah kader yang kinerjanya melebihi ekspektasi,” imbuhnya.

Iin menambahkan, para ketua PKK sebagai pembina kader di wilayah juga harus mampu menjaga komunikasi dengan para kader. Lakukan pembinaan secara berkala sehingga ada arahan kepada para kader tentang apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan. 

“Gali semua potensi yang ada sehingga kader jumantik dan kader dasawisma menjadi unsur utama dalam deteksi dini masalah di wilayah. Saya yakin dengan kolaborasi yang baik antara lurah, pkk, lmk, fkdm, akan memberikan dampak positif untuk masyarakat,” pungkas Iin. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
28 November 2022

Wali Kota Jakbar Ter...

...    
28 November 2022

Penataan Kawasan Kam...

...    
28 November 2022

Pemkot Jakbar Sediak...

...    
27 November 2022

20 Warga Tertangkap...

...    
27 November 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga