Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kelas Berkebun di Jakbar Diikuti Ribuan Kader PKK dan IRT

Perekonomian 22 Juli 2022  100 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Ketua TP PKK Jakbar, Lilia Sentosa bersama Camat Palmerah Joko Mulyono dan jajaran panen sayuran Bayam di RPTRA Manggis

Perekonomian      


Program Kelas Berkebun di wilayah Jakarta Barat diikuti ribuan kader PKK, ibu rumah tangga dan lainnya.

"Kelas berkebun ini diikuti ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga lainya. Diperkirakan ada 16.000 lebih ibu-ibu PKK yang terlibat," sebut Ketua TP PKK Jakarta Barat, Lilia Sentosa Yani, di RPTRA Manggis, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (22/7).

Lebih lanjut dikatakan, dalam kelas tersebut para ibu rumah tangga diberi materi dan praktik bercocok tanam yang baik hingga cara mengelola hasil tani agar layak dikonsumsi.

Lilia mengatakan, awalnya program tersebut digelar dari tingkat provinsi pada awal masa pandemi. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga hingga menguatkan imun tubuh. "Salah satu manfaat yang dirasakan adalah dengan adanya kelas berkebun membuat imun kita muncul," kata dia.

Pelatihan dilakukan via zoom. Setelah beberapa lama mengikuti pelatihan, peserta menanam tanaman di halaman rumah maupun RPTRA. "Di pot bunga pun bisa. Bibitnya yang pasti dari pemerintah," ujarnya.

Karena program tersebut, hampir seluruh RPTRA di wilayah Jakarta Barat sudah ditanami beragam buah dan sayuran. Salah satu RPTRA yang ditanami warga adalah RPTRA Manggis di Palmerah. Tercatat ada beberapa jenis tanaman yang ditanam seperti bayam, timun, pokcoy, kangkung, bawang merah, terong hijau, golden melon, kembang kol dan labu madu.

Hasil taninya juga sudah bisa dimanfaatkan warga sekitar. "Kalau hasilnya bisa dipakai untuk dikonsumsi warga tapi kalau ada hasil lebih bisa untuk dijual," jelas Lili.

Hingga saat ini, program Kelas Berkebun di wilayah Jakarta Barat masih berlangsung. Demi meningkatkan perekonomian dan pemanfaatan lahan kosong, Lilia mengajak seluruh ibu rumah tangga di Jakarta Barat terlibat dalam kegiatan tersebut. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
16 Agustus 2022

Puluhan Kepsek Swast...

...    
16 Agustus 2022

Wali Kota Jakbar dan...

...    
16 Agustus 2022

200 Bendera Dipasang...

...    
16 Agustus 2022

Kecamatan Palmerah B...

...    
16 Agustus 2022

Ratusan Kepala SD &...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga