Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Bank Sampah KWT Soka Merah 11 Tampung 350 Kg Sampah Anorganik Per Pekan

Kesejahteraan Masyarakat 21 Juni 2022  53 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Pengelola Bank Sampah KWT Soka Merah 11 sedang memilah sampah

Kesejahteraan Masyarakat      


Keberadaan Bank Sampah Kelompok Wanita Tani (KWT) Soka Merah 11 di wilayah Kelurahan Kalideres disambut positif warga sekitar.

Berlokasi di Jalan Bulak Teko, RT 01/11, Kelurahan Kalideres Kecamatan Kelideres, Jakarta Barat, bank sampah tersebut dikelola sepuluh orang warga. Saat ini tercatat 125 anggota yang aktif. Didampingi satu petugas PJLP Sudis LH, pengelola bank sampah rutin menyambangi rumah anggota untuk mengambil serta menimbang sampah yang telah dipilah seperti di RT 01 dan 02.

Sampah yang telah dipilah diangkut menggunakan dua armada gerobak motor (germor). "Sampah yang terkumpul di Bank Sampah KWT Soka Merah 11 kami timbang dua kali seminggu, yakni hari Selasa dan Rabu. Dalam seminggu kami dapat menimbang sekitar 350 kilogram berbagai jenis sampah anorganik," ujar Ketua Bank Sampah KWT Soka Merah 11, Eka Murniati, Selasa (21/6).

Lebih lanjut dijelaskan, di bank sampah pengurus kembali memilah sampah anorganik sesuai jenis, seperti plastik, kardus, kerta, botol, besi, tembaga, aluminium dan lainnya. Selanjutnya setelah terkumpul selama satu bulan, sampah anorganik diangkut oleh petugas ke Bank Sampah Induk di Rusun Dinas Kebersihan, Bambu Larangan, Kelurahan Cengkareng Barat.

Menurutnya, warga bersyukur ada bank sampah di lingkungan RW 11. Diungkapkan, sejak bank sampah aktif beroperasi, kesadaran warga semakin tinggi dalam melakukan pemilahan sampah di rumah masing masing sehingga. Saat ini lingkungan RW 11 yang terdiri atas sebelas RW lebih bersih karena minim sampah anorganik. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga