Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Sekko Jakbar Serahkan Piala Pemenang Gerakan Literasi Menulis

Kesejahteraan Masyarakat 20 Mei 2022  61 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Sekretaris Kota Jakbar menyerahkan piala serta hadiah kepada Peserta gerakan literasi membaca

Kesejahteraan Masyarakat      


Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Barat memberikan apresiasi kepada enam peserta terbaik aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat pada kegiatan Gerakan Literasi Menulis. Apresiasi diberikan dalam bentuk piala dan hadiah lainnya. 

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, memberikan ucapan selamat kepada enam peserta terbaik kegiatan Gerakan Literasi Menulis.

"Dari 224 peserta yang teregistrasi, 129 peserta atau sekitar 50% yang mengirimkan hasil tulisan. Setelah dinilai oleh dewan juri, terdapat 30 peserta yang hasil tulisan/artikelnya memenuhi standar penulisan," tuturnya saat memberikan sambutan pada kegiatan Gerakan Literasi Menulis yang berlangsung di Ruang Wijaya Kusuma, Kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat (20/5). 

Iin melanjutkan, dari 30 peserta tersebut, dewan juri memilih enam peserta terbaik yang berhak mendapatkan apresiasi pada Gerakan Literasi Menulis.

"Saya katakan dari awal, siapa pun juaranya, semuanya juara dihati saya, dihati bu mimi dan kita semua. Terimakasih atas semangatnya," ujarnya. 

Selain Gerakan Literasi Menulis, Sekretaris Kota Jakarta Barat juga mengingatkan terkait program Gerakan Jakarta Membaca triwulan 1 hingga 4. Ia menginginkan kegiatan itu dapat mencapai target.

"Memang target kita cukup bombastis. Kita buat satu sekolah, 1 kelas. Kita ambil semua sekolah. Alhamdulillah, jumlahnya terus menningkat, dari 13.000 menjadi 15.794. Sedangkan target kita 46 ribu. Jadi ini masih kurang, perlu ditambah cakupan area untuk bisa mencapai target tersebut," papar Iin.

Iin juga akan melakukan evaluasi dalam rangka pencapaian kegiatan program Gerakan Jakarta Membaca sebelum masuk pada Triwulan IV. Evaluasi penting dilakukan guna mencari ide dan terobosan serta mengatasi kendala dalam pelaksanaan. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakbar, Mimi Karminingsih mengatakan, kegiatan Gerakan Literasi Menulis berlangsung sejak 5 April-17 Mei 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis, minat baca dan budaya literasi ASN dan masyarakat di Jakarta Barat. 

Gerakan Literasi Menulis diikuti ratusan peserta. Namun mereka yang menyerahkan hasil tulisan berjumlah 129 peserta.

"Sesuai hasil keputusan dewan juri terpilih enam peserta terbaik dari 129 peserta yang mengirimkan  hasil karya tulisan, bagi ASN dan masyarakat di Jakarta Barat," ujar Mimi.

Selain Gerakan Literasi Menulis, Sudin Pusip Jakarta Barat juga menggelar workshop penulisan puisi dengan tema Sejuta Puisi untuk Jakarta dan IKRA TW 2 serta laporan dan evaluasi Baca Jakarta Triwulan II. 

Untuk IKRA TW 2 dan Baca Jakarta Triwulan II, lanjut Mimi, merupakan gerakan literasi warga dimasa pandemi dengan tujuan memudahkan akses buku bagi keluarga dalam rangka menumbuhkan minat baca dan budaya baca. Selain itu mendorong dan membangun kebiasan membaca menjadi suatu gerakan bersama keluarga. 

Kegiatan Baca Jakarta diadakan selama 4 triwulan. Saat ini Triwulan II tahun 2022 yang telah dilakasanakan pada 18 April-17 Mei 2022 dengan peserta Baca Jakarta berjumlah 8.094 peserta anak dan 7.700 pendamping. Total sebanyak 15.794 peserta. 

"Kita berada di urutan kedua dari 5 wilyah kota. Urutannya, Jakarta Timur 16.661 peserta, Jakarta Barat 15.794 peserta, Jakarta Selatan 11.817 peserta,Jakarta Utara 11.635 peserta dan Jakarta Pusat 10.499 peserta. 

Mimin menambahkan, pemenang pertama dari enam peserta terbaik Gerakan Literasi Menulis diraih oleh Endang Tri Rahayu, ASN Bagian Kesra Setko Jakarta Barat, dengan judul tulisan/artikel Emak is Magic. Pemenang mendapatkan piala serta hadiah lainnya. (why)

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga