Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Walikota Jakbar Ajak Jajaran Melakukan "Jumat Berfaedah"

Kesejahteraan Masyarakat 14 January 2022  44 Reporter : Wahyu CP Edited By Wahyu CP


Kesejahteraan Masyarakat      


Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, mengajak jajarannya turun lapangan, Jumat (14/1). Mereka melaksanakan rangkaian kegiatan sosial dan kemanusiaan yang dikemas dalam program Jumat Berfaedah. 

Rangkaian kegiatan sosial dan kemanusiaan diawali dengan penyerahan kunci rumah Musran (73) Jalan Lingkungan III, RT 07/3, Tegal Alur, melalui program bedah rumah Baznas Bazis Jakarta Barat. Plt. Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, secara simbolis menyerahkan anak kunci sekaligus meninjau kondisi rumah yang telah dibedah selama kurang lebih 1 bulan. 

"Alhamdulillah, saya hadir di kediaman bapak Musran, melihat kondisi rumah yang telah dibedah. Sangat baik dan bisa ditempati dengan aman dan nyaman," tutur Iin Mutmainnah.

Menurut Iin, kegiatan bedah rumah ini merupakan satu diantara rangkaian program Jumat Berfaedah yang kali pertama di awal tahun 2022. Selanjutnya, Pemkot Jakarta Barat akan melaksanakan kegiatan bedah rumah sebanyak 136 rumah berkolaborasi dengan Baznas Bazis Jakarta Barat. 

Ia pun menitip pesan kepada Musran (73) agar merawat rumah yang saat ini kondisinya lebih baik dan layak huni. "Mudah-mudahan setelah dibedah menjadi hunian yang layak, nyaman dan bisa beribadah bersama keluarga. Kemudian, saya pesan agar memanfaatkan lahan kosong rumah untuk ditanami sehingga akan menambah kesejukan dan keasrian," tuturnya. 

Di tempat yang sama, Musran (73) mengaku senang dan bahagia bisa menempati kembali rumahnya yang selama hampir sebulan dibedah. "Saya merasa gembira, yang tadinya rumah sempal dan mau roboh, sekarang sudah sangat bagus. Semua ini berkat bantuan dari Pemda DKI Jakarta, khususnya walikota Jakarta Barat, serta masyarakat. Saya berterimakasih. Saya tak bisa membalas budi baiknya, tapi selalu berdoa agar apa yang telah dikerjakan selama ini mendapat balasan dari Allah SWT," tuturnya. 

Dari kawasan Tegal Alur, program Jumat Berfaedah berlanjut pada kegiatan kemanusiaan serta pemberian santunan anak yatim dan dana stimulus di Masjid Nurul Islam, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. 

Untuk kegiatan kemanusiaan, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menyambangi seorang warga yang mengalami gangguan pada sistem pencernaan. "Kita mendapat informasi ada warga yang awalnya sakit usus buntu, kini buang air besar melalui perut. Saat ini kita sedang observasi bersama dengan tim kesehatan dari suku dinas kesehatan Jakarta Barat. Kita pantau agar supaya cepat ditangani. Beliau merupakan anak dari pengurus masjid Nurul Islam," tutur Yani. 

Setelah menyambangi warga yang sakit, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko bersama jajaran memberikan santunan kepada anak yatim usai melaksanakan shalat Jumat. "Jumat berfaedah diawali dengan penyerahan kunci rumah warga yang dibedah di Tegal Alur kemudian baru saja mengunjungi warga yang sedang sakit dan memberikan santunan kepada anak yatim, penyerahan 6 surat IMB masjid, bantuan sosial tongkat dan kursi roda, serta bantuan stimulus buat pengurus Masjid Nurul Islam,"jelasnya. 

Rangkaian program Jumat Berfaedah lainnya diisi dengan beautifikasi tempat ibadah dengan menanam tanaman anggur. Lokasinya di halaman Masjid Al Hurriyah, Kembangan, Jakarta Barat. Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, bersama Ketua MUI Jakarta Barat, KH Abdurrahman Shoheh dan sejumlah pejabat lainnya menanam anggur. 

"Kita beautifiksi masjid dengan menanam pohon anggur agar masjid terlihat bagus dan ijo royo-royo. Kenapa tanaman anggur. Kita ketahui tanamn ini bagus dan menghasilkan buah yang manis serta indah dilihat. Tanaman ini bisa ditanam pada semua tempat pada iklim tropis," ujar Yani. 

Melalui tanaman ini, para jemaah yang shalat di Masjid Al Hurriyah nantinya bisa menikmati buah anggur yang manis dan berkualitas. "Ada 16 bibit tanaman anggur dengan varian berbeda-beda tapi berkualitas,"pungkasnya. (why)

 




BERITA TERBARU
...    
19 January 2022

Antisipasi Kerumunan...

...    
19 January 2022

Sekretaris Kota Jakb...

...    
19 January 2022

Genangan di Wilayah...

...    
19 January 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

...    
19 January 2022

Sudis Tamhut Evakuas...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga