Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Wali Kota Jakbar Pimpin Upacara Peringatan Otda ke-28 Tahun 2024

Pemerintahan Kamis, 25 April 2024 - 9:13  105 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024

Pemerintahan

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 tahun 2024 yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (25/4).

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada peringatan hari Otda ke-28, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan, peringatan Hari Otda ke-28 Tahun 2024 mengusung tema 'Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat'

Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam membangun sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat kota serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. 

"Peringatan Hari Otonomi Daerah yang sudah berlangsung selama seperempat abad ini juga menjadi momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti filosofi dan tujuan otonomi daerah," katanya. 

Uus melanjutkan, Otonomi daerah merupakan hak, wewenang serta kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI sebagaimana diatur dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah dengan filosofi Otda yang dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945. 

Berbagai prinsip dasar inilah, lanjut Uus, Otda dirancang untuk mencapai suatu tujuan utama, termasuk tujuan kesejahteraan dan demokrasi. Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif dan efisien. 

"Sedangkan dari tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani. Proses demokrasi di tingkat lokal melalui penyelenggaraan pemilihan perwakilan daerah secara langsung yang akan dilaksanakan nanti di bulan November tahun 2024," ujarnya. 

Sebagai informasi, peringatan Otonomi daerah ke-28 tahun 2024, diikuti para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jakarta Barat. Upacara diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya, dan pembacaan doa. Sebagai komandan upacara, Wakil Camat Palmerah, Pangestu Aji. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS