Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Budaya 5S ini biasa
diterapkan pada bidang layanan publik pada instansi pemerintah pusat maupun daerah.
Tujuannya, memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.
Salah satu instansi pemerintah yang menerapkan budaya 5S
adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP (DPMPTSP) DKI Jakarta. Bahkan, melalui penerapan budaya 5S, DPMPTSP
DKI Jakarta, diganjar penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik
nasional tahun 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Keberhasilan Dinas PMPTSP DKI Jakarta meraih penghargaan tentunya
diperoleh dari upaya dan kerja keras
para petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama petugas
loket Customer Relation Officer (CRO).
Keberadaan petugas loket CRO sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan
layanan publik. Karena mereka menjadi garda terdepan yang bersentuhan langsung
dengan masyarakat. “Ada tujuh petugas CRO yang melayani masyarakat. Mereka bertugas
sekaligus solusi buat masyarakat yang melakukan permohonan perizinan,†ujar
Fisya, staf kordinator UP PTSP Jakarta Barat.
Menurutnya, tugas yang diemban petugas CRO memang tak mudah.
Mereka harus memiliki integritas tinggi, disiplin dan memahami semua prosedur pelayanan.
Petugas CRO juga mampu menjadi problem solving bagi masyarakat.
Sebelum menjalani tugas, petugas CRO harus mentaati semua
aturan dan ketentuan dalam memberikan layanan masyarakat. Mereka biasanya
mendapatkan pengarahan terkait tata cara melayani setiap pemohon izin.
“Kita rutin setiap pagi memberikan pengarahan mereka. Raut
wajah harus berseri-seri, dan tersenyum manis saat melayani masyarakat. Mereka
juga kita rolling agar terbiasa dalam melayani pemohon,â€ujarnya.
Sementara itu, Mufti Muzdalifah, petugas loket CRO mengaku,
melayani masyarakat dengan senyum dan ramah. Karena, ini sudah menjadi komitmen
PTSP dalam memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat.
Senada dengan Niken Rahminingtias yang tetap tersenyum dalam
melayani masyarakat dengan prilaku dan karakter berbeda. “Berbagai karakter dan
perilaku pemohon kami layani dengan senyum, kami berupaya agar PTSP semakin
dicintai masyarakat,†tuturnya.
Di tempat yang sama, Kepala UP PTSP Jakarta Barat, Johan
Girsang mengatakan, dirinya selalu mensupport para petugas CRO yang memberikan
layanan masyarakat. Karena, mereka menjadi ujung tombak di PTSP Jakarta Barat.
“Saya bangga kepada
petugas karena mereka yang bisa meredam
setiap pemohon izin yang terkadang kurang memahami tentang tata cara proses
izin,†tambahnya. (why)
20 Mei 2024