Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

RPTRA Bisa Dimanfaatkan Pengembangan Ekosistem Berkesenian

Kesejahteraan Masyarakat 19 Januari 2023  82 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Para peserta dan narasumber seminar kebudayaan Betawi yang berlangsung di aula Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat

Kesejahteraan Masyarakat      


Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dimanfaatkan sebagai tempat warga untuk berinteraksi, termasuk pengembangan seni budaya. Sehingga pemanfaatan ruang ketiga ini perlu dioptimalkan. 

Demikian dikemukakan Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani, saat menjadi narasumber seminar kebudayaan Betawi di era 4.0 yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (19/1) pagi. 

Seminar kebudayaan yang diinisiasi salah satu lembaga swadaya masyarakat tersebut diikuti puluhan pengelola RPTRA se- kecamatan Kembangan, karang taruna, dan FKDM. Tema seminar adalah Menjaga, mencintai atau punah.

Beky melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan kebijakan melalui Instruksi Gubernur no 45 tahun 2020 tentang pengembangan ekosistem berkesenian. Kebijakan ini mengatur kegiatan berkesenian hingga tingkat kelurahan. 

"Pemerintah menyiapkan ruang ketiga, karena itu harus dioptimalkan untuk beragam kegiatan masyarakat. Dalam ingub tersebut, diperintahkan seluruh aparatur sipil negara dari provinsi hingga kelurahan mengadakan kegiatan pelatihan, pembinaan dan lomba kesenian bekerjasama dengan pengurus RT, RW, PKK, FKDM, dan sebagainya" ujarnya. 

Sementara, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaropi mengatakan bahwa kegiatan seminar ini diinisiasi oleh salah satu lembaga swadaya masyarakat. Seminar diikuti para pengelola RPTRA se-kecamatan Kembangan, karang taruna, dan FKDM. Seminar kebudayaan betawi di era 4.0 mengambil tema, "menjaga, mencintai atau punah".

"Apapun gagasan mereka, saya apresiasi. Cuma judulnya agak berat seperti seminar di Boston Harvard University, soal revolusi industri 4.0. Bila konteks sosial, sudah sampai 5.0," tuturnya. 

Ia berharap, para peserta dapat mengikuti dan memahami seminar yang menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi, Beky Mardani, akademisi Fakultas Ilmu Komunikasi Univiversitas Mercu Buana, Ridho Azlam Ambo Asse serta moderator Adhe Riatin. (why) 




BERITA TERBARU
...    
29 Januari 2023

Presiden Jokowi Buka...

...    
29 Januari 2023

Ribuan Pelajar se-Ja...

...    
27 Januari 2023

Ratusan Peserta Tela...

...    
27 Januari 2023

3 Pilar Kecamatan Pa...

...    
27 Januari 2023

Penataan Kawasan Kel...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga