Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kerap Tergenang, Sudis SDA Jakbar Kuras Saluran di Tegal Alur

Pembangunan Rabu, 24 April 2024 - 15:8  76 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Petugas Sudis SDA Jakbar menguras lumpur saluran air di Jalan Lingkungan III Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres.

Pembangunan

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat segera menuntaskan pengurasan saluran air di Jalan Lingkungan III, RT 8 & 10 RW 03, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres.  

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan pengurasan saluran air yang berada di dua lingkungan RT, tepatnya dekat pasar, dilakukan sepanjang 400 meter dengan lebar 70 cm dan tinggi 80 cm. Pengurasan sudah dilakukan sejak awal bulan Ramadan lalu. 

Ia menyebutkan pengurasan lumpur saluran menindaklanjuti permintaan masyarakat yang disampaikan pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2023.

"Pengurasan ini atas permintaan warga lewat Musrenbang 2023 karena kondisi sudah dangkal hingga hampir rata dengan bibir beton saluran," tutur Purwanti, saat dikonfirmasi Rabu (24/4).  

Untuk pengerjaannya, lanjut Purwanti, pihaknya mengerahkan sebanyak 13 personel. Mereka menguras lumpur dengan menggunakan cangkul. Hasilnya pengurasan dimasukkan dalam karung plastik. 

Diketahui, ketika musim hujan, kawasan tersebut kerap menjadi langganan genangan yang cukup tinggi akibat saluran air mengalami pendangkalan.

"Saat ini pengerjaan sudah mencapai 98 persen dan ditargetkan selesai dalam minggu ini. Dengan pengurasan lumpur, diharapkan saluran air dapat menampung debit air lebih banyak dan mengalir lancar ke Kali Semongol," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua RT 08 RW 03 Kelurahan Tegal Alur, Ismail mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Jakarta Barat, melalui Sudis SDA, yang telah membersihkan saluran air. Sehingga diharapkan saluran air tersebut dapat menampung air. 

"Selama ini kondisi saluran mengalami pendangkalan. Lumpurnya sudah tebal, sehingga saat hujan tiba, saluran meluap hingga mengenangi jalan. Tapi dengan telah dikuras diharapkan ketinggian genangan jadi berkurang," tambahnya. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS