Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi mengimbau seluruh pejabat yang baru dilantik secepatnya mengenali lingkungan tempat kerja masing masing, profesional dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
“Saya ucapkan selamat kepada yang baru dilantik. Jalani tugas dengan sebaik-baiknya. Kenali lingkungan kerja, kuasai wilayah, adaptasi dan laksanakan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi). Lakukan yang terbaik untuk masyarakat,†imbuh Rustam saat pengarahan kepada para pejabat lingkungan Pemkot Jakarta Barat yang baru dilantik, di ruang pola kantor wali kota, Selasa (26/2). Hadir Wakil Wali Kota M Zen dan Seko Eldi Andi.
Selain ucapan selamat kepada yang promosi dan rotasi, ia juga menyampaikan kepada pejabat yang demosi atau pindah jabatan ke tingkat lebih rendah untuk menerimanya. Dikatakan, seseorang boleh berencana, tapi Tuhan juga yang punya rencana. “Yakinlah apa yang kita dapat sekarang itu rencana Tuhan. Jangan sedih, itu yang terbaik dari Tuhan. Itu sudah perjalanan hidup, sudah takdir,†ucapnya.
Rustam menambahkan, apa yang ditetapkan pimpinan sudah melalui pembahasan panjang dan ketat oleh tim. Menghabiskan waktu sekitar satu bulan sampai menjelang pelantikan. “Ini bagian dari perjalanan hidup masing masing. Terima saja dan jalani apa yang sudah menjadi tugas dengan sebaik-baiknya,†ujarnya.
Ia pun berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik agar mengabaikan jika ada oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen pasca pelantikan untuk melakukan penipuan dengan meminta sesuatu, baik berupa uang maupun barang dan lainnya. “Jangan layani kalau ada permintaan lewat WA atau SMS minta ditransfer atas nama Wali Kota untuk ini dan itu,†tandasnya.
Pada kesempatan itu Rustam juga menyampaikan pesan pesan Gubernur DKI Jakarta. Di antaranya, pejabat diminta menjaga integritas yang meliputi kejujuran, tidak suka berbohong dan tidak mengambil yang bukan haknya. Selain itu, loyalitas atau kesetiaan kepada organisasi dan pimpinan yang terkait untuk kepentingan masyarakat.
Selanjutnya pejabat harus terus meningkatkan kompetensi, yakni pengetahuan, skill (keterampilan) dan attitude (sikap/perilaku). Berikutnya, kinerja (capaian kerja dalam kurun waktu tertentu). Harus ada perencanaan yang matang dan target atau hasil kerjanya. “Dan yang terakhir adalah pandai berkomunikasi dengan masyarakat. Ini penting untuk membawa pesan pesan dari pimpinan,†jelas Rustam. (Aji)
20 Mei 2024