Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PM dan PTSP) Kecamatan Kalideresa, Jakarta Barat, berupaya meningkatkan kepuasan layanan kepada masyarakat. Sebagai tolak ukur, masyarakat bisa memberikan penilaian melalui mesin pesan tamu.
Kepala UP PM dan PTSP Kecamatan Kalideres, Muhammad Riadi mengatakan bahwa mesin pesan tamu yang sudah ada sejak September 2022, tersebut berfungsi untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap pelayanan di PM dan PTSP Kecamatan Kalideres.
Mesin pesan tamu itu didesain dengan foto enam petugas pelayanan PM dan PTSP Kalideres, termasuk Sudis Dukcapil. Selain itu, mesin ini berisi sejumlah fitur, seperti fitur penilaian pelayanan (puas, kurang puas dan tidak puas). Ada juga fitur kecepatan waktu pelayanan (Cepat, tidak cepat, lambat) dan saran.
"Tujuan dari mesin tersebut diadakan untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh setiap petugas yang membantu dalam kepengurusan berkas yang nantinya untuk jadi bahan evaluasi pimpinan terdapat petugas tersebut," ujarnya, Senin (14/8).
Lebih lanjut, pihaknya menuturkan, pada triwulan pertama tahun 2023, dari 190 responden yang mengklik mesin tersebut usai mendapat pelayanan, ternyata untuk PM dan PTSP Kecamatan Kalideres mendapat nilai 97,79 persen dari DPMPTSP DKI Jakarta yang artinya masuk kategori bagus sekali.
"Dengan keberadaan mesin tersebut dapat terus menjaga performace setiap petugas dalam melayani sesuai standar yang diharapkan. Kemudian masyarakat juga dapat menyampaikan unek uneknya melalui mesin tersebut demi pelayanan terbaik pada masyarakat," tambahnya. (why)