Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat menggandeng siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mempromosikan kawasan wisata Pecinan dan Kota Tua di Taman Sari, Jakarta Barat, melalui konten digital.
"Kita libatkan para pelajar dalam kegiatan Amazing Trip Pecinan West Jakarta. Ini adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk mempromosikan pecinan melalui konten digital," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat, Dedi Sumardi di Jakarta, Kamis (16/3).
Dalam kegiatan ini, para pelajar akan mengikuti perjalanan wisata di kawasan Pecinan hingga lokasi wisata Kota Tua. Mereka akan melewati sejumkah destinasi wisata seperti Gedung Candra Naya, Museum 3D Art Kota Tua, Museum Wayang, Wihara Dharma Bakti , Gereja Santa Maria Defatima, Pantjoran Tea House, Gerbang Pancoran, Toko Merah dan Jembatan Kota Intan.
Selama perjalanan wisata tersebut, peserta diminta untuk membuat konten berupa foto ataupun video tentang lokasi wisata tersebut.Konten harus diunggah di media sosial masing-masing. Foto ataupun video yang memiliki tanda "like" paling banyak akan mendapatkan hadiah.
Dedi menilai kegiatan ini merupakan langkah yang tepat untuk mempromosikan lokasi wisata Jakarta Barat lewat media sosial. "Bila terpromosi di media sosial, saya yakin kawasan wisata di Jakarta Barat akan lebih mudah mendapatkan pangsa pasar anak muda yang mayoritas beraktivitas di media sosial,' tuturnya.
Ia menambahkan, tercatat sebanyak 23 SMA swasta maupun negeri yang mengirimkan siswanya dalam kegiatan ini. (why)