Gelar produk industri kecil dan menengah (IKM) kreatif 2019 di Jakarta Barat diikuti sebanyak 83 IKM.
Kegiatan digelar selama empat hari, 23-26 Juli 2019, di lantai dasar gedung B kantor wali kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan no 2. Pembukaan kegiatan dihadiri Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta Ricki M Mulia, Kasudis PE Jakbar Ery Ghazali dan Kabag Perekonomian Jakbar Achmad Sajidin.
“Kegiatan ini merupakan wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri serta bagian dari pembinaan yang dilakukan Dinas PE DKI dalam rangka mendukung program prioritas Pemprov DKI Jakarta, yaitu pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT), di mana dalam lima tahun Pemprov DKI bertekad membuka 200 ribu wirausaha baru melalui konsep 7 PAS (langkah pasti sukses),†ujar Plt Kadis PE DKI Ricki M Mulia.
Kasudis PE Jakarta Barat Ery Ghazali menyebutkan peserta gelar IKM kreatif sebanyak 83 IKM, terdiri atas 52 IKM komoditi makanan-minuman, 19 IKM komoditi fashion dan 12 IKM komoditi kerajinan. “IKM yang ikut kegiatan ini binaan Sudis PE, Dekranasda dan produk produk dari masyarakat peserta kegiatan PKT di tingkat kecamatan,†jelasnya.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu para IKM untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan yang diperoleh. “Sehingga secara tidak langsung produk-produk yang dihasilkan oleh para IKM dapat bersaing dengan dengan produk industri sejenis lainnya yang telah beredar di pasar,†ujarnya.
“Kami optimistis gelar produk IKM kreatif 2019 ini dapat meningkatkan pendapatan IKM, memperluas jejaring pemasaran, membuka peluang kerja serta menghasilkan wirausaha baru potensial di Jakarta.â€
Sementara itu atas nama Pemkot Jakarta Barat, Kabag Perekonomian Jakbar Achmad Sajidin mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakan, gelar produk IKM kreatif merupakan salah satu bukti nyata dari pelaksanaan program Pemprov DKI berupa penyediaan bantuan fasilitas pengenalan produk (promosi) IKM, mekanisme pemasaran, termasuk pengembangan jaringan, serta mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan PKT.
“Gelar produk ini merupakan kesempatan dan peluang yang baik bagi para pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan dan mengembangkan produk kreatif baru agar memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat,†katanya. (Aji)
20 Mei 2024