Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Belasan Kader Jumantik Lakukan PSN di Lingkungan RW 05 Kalideres

Kesejahteraan Masyarakat Jumat, 19 Mei 2023 - 15:59  111 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Kader jumantik beserta petugas Satpol PP Kalideres melaksanakan kegiaran PSN di RW 05 Kalideres

Kesejahteraan Masyarakat

Belasan kader jumantik Kelurahan Kalideres dikerahkan untuk melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada dua lingkungan di RT 01 dan 02 RW 15, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (19/5). 

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Kalideres, Hermawan mengatakan, kegiatan PSN dilaksanakan rutin setiap Jumat dalam rangka mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. 

Kegiatan ini melibatkan petugas gabungan, mulai dari kader jumantik, dasa wisma, Sudis Lingkungan Hidup, Puskesmas Kelurahan Kalideres, Satpol PP dan pengurus RT dan RW. Mereka menjalani tugas untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan setiap sudut ruangan atau tempat-tempat yang disinyalir sebagai tempat berkembang biak nyamuk penyebab demam berdarah. 

"Kami lakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 01 dan 02 RW 015," tutur Hermawan.

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, dikatakan Hermawan, kader jumantik masih menemukan adanya jentik-jentik nyamuk pada rumah warga sekitar. 

"Jumlah rumah yang dicek ada 81 rumah dengan presentase angka bebas jentik 98%. Ada satu rumah yang ditemukan jentik nyamuk. Ditemukan pada wadah pot tanaman. Kemudian kader jumantik membuang air pada wadah pot tanaman tersebut," ujarnya. 

Sambil mengecek dan memeriksa jentik nyamuk, lanjut Hermawan, tim kesehatan Puskesmas Kelurahan Kalideres memberikan sosialisasi terkait pencegahan penyakit demam berdarah, termasuk sosialisasi pengelolaan sampah pada masing-masing rumah warga.

"Tadi ada penyuluhan dari tim puskesmas terkait pencegahan penyakit demam berdarah, serta sosialisasi pengelolaan sampah dari Sudis Lingkungan Hidup Jakarta Barat," terangnya.

Ia berharap, pada masyarakat agar menerap pola hidup sehat, seperti membersihkan lingkungan, melakukan PSN mandiri, serta kerja bakti di lingkungannya.

"Mereka masing-masing memiliki tanggung jawab atas kebersihannya," pungkasnya. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS