Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Sudis PRKP Jakbar Tingkatkan Saluran dan Pengaspalan Jalan di RW 04 dan 08 Palmerah

Pembangunan Rabu, 17 Mei 2023 - 17:22  248 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Pengerjaan jalan lingkungan dan saluran di lingkungan RT 13/08 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat

Pembangunan

Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudis PRKP) Kota Administrasi Jakarta Barat sedang melaksanakan Peningkatan Sarana, Prasarana dan Utilitas (PSU) di lingkungan RW 04 dan 08 Kelurahan Palmerah Kecamatan Palmerah.

Kasudis PRKP Jakarta Barat, Agus Ruhyat, menjelaskan kegiatan PSU yang dilakukan berupa peningkatan saluran dan jalan lingkungan. Proyek dilaksanakan selama 150 hari kerja, sesuai kontrak dari 15 Maret sampai  11 Agustus 2023.

“Saya harap pelaksana bisa dapat menyelesaikan sesuai waktu yang disepakati dalam kontrak,” ujar Agus di kantornya, Rabu (17/5).  

Lebih lanjut diungkapkan, untuk pengerjaan saluran, setelah dinormalisasi langsung dipasang u-ditch ukuran 40-60 sentimeter. Saat ini progressnya sudah mencapai sekitar 60 persen. Sedang untuk jalan akan dilakukan pengaspalan atau pengecoran, disesuaikan kondisi eksisting saluran di lokasi. 

Sekadar informasi, lokasi proyek berada di lingkungan RT 01 sd RT 15 RW 08 dan RT 04, 06, 09 RW 04 Pamerah. Luas saluran yang dikerjakan sekitar 2.854 M2, pengecoran 2.098,5 M2 dan pengaspalan 474,55 M2.

Agus menjelaskan, pelaksanaan proyek untuk jalan dan saluran kontrarknya satu kesatuan yang dikerjakan oleh PT VRP.

“Jadi, pekerjaannya memang berkesinambungan, karena pelaksana harus menyelesaikan, merapikan dulu pekerjaan saluran. Ketika pekerjaan saluran sudah selesai, rapi, barulah pekerajaan jalan bisa terlaksana. Metodenya seperti itu,” katanya. 

Ia menambahkan, lokasi-lokasi peningkatan PSU umumnya berada di kawasan RW kumuh yang jalan-nya tidak terlalu lebar, sekitaran 1,5 meter hingga 2 meter termasuk saluran yang ditutup u-ditch di sisi kiri-kanan. Saluran di lokasi menggunakan u-ditch ukuran 40-60 sentimeter kedalaman sekitar 60 sentimeter. 

“Tujuan utamanya, selain mengurangi tingkat kekumuhan tentunya outputnya juga bisa menangani banjir atau genangan yang sering terjadi di lokasi-lokasi tersebut,” jelas Agus.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada aparat/perangkat wilayah, seperti kecamatan, kelurahan, RT/RW, tokoh masyarakat dan warga setempat. 

“Dari awal, tahap perencanaan juga melibatkan teman-teman wilayah. Sebelum pelaksanaan fisik kita juga mengundang, melibatkan wilayah. Sosialisasi pun dilaksanakan di kelurahan. Jadi, memang dari awal kita sudah disupport oleh temen-teman wilayah,” ujar Agus.   

Sementara itu, Lurah Palmerah, M Ilham, mengapresiasi pengerjaan saluran dan jalan lingkungan di wilayah tersebut. Diharapkan nantinya setelah pengerjaan selesai wilayah tersebut menjadi lebih rapi, tertata dan bebas dari genangan.

“Harapannya lingkungan menjadi lebih tertata dan rapi serta tidak terjadi genangan di lingkungan sekitar,” ujarnya. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS