Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kelurahan Pegadungan dan TDU Jakbar Deklarasikan ODF

Pembangunan 22 November 2022  101 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Seko Jakbar, Iin Mutmainnah bersama jajaran Kelurahan Pegadungan, Puskesmas Kecamatan kalideres dan Sudis Kesehatan Jakbar saat deklarasi ODF

Pembangunan      


Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres dan Kelurahan Tanjung Duren Utara (TDU) Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat deklarasi sebagai kelurahan berstatus Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan.

Deklarasi dilaksanakan saat Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022 yang dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, di ruang MH Thamrin, kantor wali kota, Jalan Raya Kembangan No 2, Selasa (22/11). 

Deklarasi ditandai penandatanganan komitmen bersama, pembacaan ikrar oleh Lurah Pegadungan, Adith Pratama dan perwakilan Lurah TDU. Pada kesempatan tersebut diberikan plakat dan sertifikat penghargaan kepada Kepala Puskesmas Kalideres, Grogol Petamburan dan Lurah Pegadungan-TDU.    

Gelar ODF disematkan untuk kelurahan yang wilayahnya sudah ada jamban atau tangki septik layak sehingga warga tidak lagi buang air besar sembarang ke saluran air. "Saat ini ada 12 kelurahan ODF di Jakarta Barat dan itu adalah jumlah terbanyak se DKI Jakarta," ujar Kasudis Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari.

Ia menyebut, kelurahan yang sudah ODF di Jakbar antara lain Jelambar Baru, Tomang, Jembatan Besi, Jembatan Lima, Kalianyar, Tambora, Mangga Besar, Pinangsia, Tangki, Tanjung Duren Utara dan Pegadungan. Dijelaskan, 12 kelurahan tersebut mendapat status ODF setelah melalui bergama proses verifikasi dan penilaian dari Sudis Kesehatan Jakarta Barat.

Proses verifikasi meliputi pemaparan masalah wilayah yang menyebabkan kebiasaan warga BAB sembarangan, kelayakan tangki septik hingga kebersihan saluran air di lingkungan permukiman. Selanjutnya dari hasil verifikasi tersebut, Sudis dan pemangku jabatan di wilayah berusaha mencari solusi agar kebiasaan BAB sembarangan itu bisa teratasi.

Nantinya, lanjut Erizon, Pemkot Jakarta Barat memastikan akan terus memverifikasi kelurahan lain agar menyusul meraih status ODF.

"Saat ini kita sedang memverifikasi empat kelurahan yakni Wijaya Kusuma, Krendang, Cengkareng Barat dan Kembangan Utara," sebutnya. Diharapkan upaya tersebut dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga warga terhindar dari potensi penyakit tengkes atau stunting.

Sementara itu, Seko Jakbar Iin Mutmainnah mengapresiasi Kelurahan Pegadungan dan TDU menyandang status ODF. “Syukur Alhamdulillah di wilayah Jakarta Barat sebelumnya sudah ada 10 kelurahan yang telah mendeklarasikan ODF atau kelurahan Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Bebas BABS),” ujarnya   

“Dan menyusul pada hari ini, bertambah dua kelurahan lagi yang deklarasikan yaitu Kelurahan Pegadungan dan Kelurahan Tanjung Duren Utara. Saya sangat berharap seluruh kelurahan lainnya lainnya segera mendeklarasikan ODF.” (Aji) 




BERITA TERBARU
...    
28 November 2022

Wali Kota Jakbar Ter...

...    
28 November 2022

Penataan Kawasan Kam...

...    
28 November 2022

Pemkot Jakbar Sediak...

...    
27 November 2022

20 Warga Tertangkap...

...    
27 November 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga