Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Lurah Kapuk & PKK Panen Sayuran Hidroponik

Kesejahteraan Masyarakat 01 December 2021  67 Reporter : Wahyu CP


Kesejahteraan Masyarakat      


Lurah Kapuk, Ujang Sungkawa bersama TP PKK Kelurahan Kapuk melakukan panen sayur yang ditanam secara hidroponik di areal kantor Kelurahan Kapuk, Selasa (30/11). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan. 

Lurah Kapuk, Ujang Sungkawa menjelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap kali panen sayuran dengan sistem hidroponik. Jenis sayuran yang dipanen meliputi salada, caisim, bayam dan cabai. 

Hasil panen sayur itu diperuntukkan buat anggota PKK dalam rangka peningkatan ketahanan pangan keluarga, sekaligus mensosialisasikan konsep urban farming dengan memanfaatkan lahan terbatas. 

"Jadi manfaatkan lahan di sekitar  rumah kita untuk menanam sayur-sayuran. Bisa pakai pot yang sederhana yang tak makan tempat, misalnya tanam bayam, kangkung, pakcoy, selada, terong dan sebagainya. Nanti hasil panen bisa dimanfaat untuk kebutuhan keluarga," ujar Ujang. 

Menanam jenis tanaman tersebut cukup mudah dengan masa panen yang tidak terlalu lama. "Asalkan tahu cara menanamnya agar tetap tumbuh dan subur," tambahnya. 

Di tempat yang sama, Sekretaris TP PKK Kelurahan Kapuk, Endang menjelaskan kegiatan panen sayuran ini melibatkan pengurus TP PKK Kelurahan Kapuk, Pokja 1 sampai 4 serta dibantu oleh sejumlah anggota PPSU. 

Selain panen sayuran, lanjut Endang, pihaknya melakukan pemindahan bibit tanaman cabai dan tomat pada pot berukuran besar. Ini dilakukan agar tanaman cepat tumbuh dan hasil panen yang baik. 

"Waktu penanaman biasanya 1 hingga 3 minggu, seperti sawi, ceisim, dan bayem. Setelah itu bisa dipanen," tambahnya. (why)




BERITA TERBARU
...    
20 January 2022

Vaksinasi di Pegadun...

...    
19 January 2022

Antisipasi Kerumunan...

...    
19 January 2022

Sekretaris Kota Jakb...

...    
19 January 2022

Genangan di Wilayah...

...    
19 January 2022

Wali Kota Jakbar Tin...

FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga