Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Pameran Flona 2024 Usung Tema Jakarta Global Hijau Mempesona

Pembangunan Jumat, 5 Juli 2024 - 23:58  269 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Pameran Flona Tahun 2024

Pembangunan

Pameran Flora dan Fauna (Flona) Tahun 2024 mengusung tema Jakarta Global Hijau Mempesona. Tema itu dipilih untuk mendukung penetapan Kota Jakarta menjadi Kota Global. 

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Bayu Meghantara menjelaskan, tema yang diusung pada pameran Flona Tahun 2024, Jakarta Global Hijau Mempesona. Tema itu mengandung makna yakni, Jakarta Global menggambarkan bahwa Jakarta telah bertransformasi menjadi kota modern yang sejajar dengan kota modern lainnya di dunia. 

Hijau mempesona berarti Jakarta memiliki banyak Ruang Terbuka Hijau yang mampu mempesona hingga mancanegara. 

"Ke depannya, pesona pameran Flona dapat diikuti peserta dan pengunjung dari mancanegara dan menjadi kalender event berskala internasional sekaligus memantapkan Jakarta sebagai kota layak MICE (Meeting, Incentive, Convetion dan Exhibition)," tuturnya. 

Selain tema, Bayu Meghantara juga memaparkan filosofi logo Flona 2024 yang digambarkan dengan penuh warna. Warna hijau pada huruf Flona melambangkan Jakarta dengan lingkungan yang hijau. 

Sementara, pohon melambangkan kekuatan Jakarta yang berusia hampir 5 abad tumbuh menjadi pohon besar dan kuat serta penuh manfaat. Kupu-kupu melambangkan transformasi Jakarta menjadi kota global. Melihat jumlah kupu-kupu yang banyak melambangkan jutaan pesona Jakarta.  

"Di sini ada warga kupu-kupu yang mempresentasikan lima benua. yakni Benua Asia berwarna kuning, Amerika berwarna merah, Australia berwarna hijau, Afrika berwarna hitam dan Eropa berwarna biru. Warna-warna itu melambangkan Jakarta terbuka dan sejajar dengan kota-kota lain di lima benua tersebut," ujar Bayu.

"Tentunya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI siap dan mendukung dari sisi lingkungan hidup, salah satunya dengan melaksanakan Flona Jakarta Tahun 2024," sambungnya. 

Uuntuk informasi, peserta FLona Tahun 2024 berjumlah 165 stand. 10 stand diantaranya terdiri dari stand Dinas Tambut dan Kabupaten, Taman Margasatwa Ragunan, Dharma Wanita Persatuan dan PKK. 

Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, lanjut Bayu, stan dari lima wilayah kota dan kabupaten bernuansa lokal dan mancanegara. Stand Jakarta Pusat menampilkan bangunan cagar budaya Stovia, Jakarta Utara menampilkan Kampung Tugu (Portugis), Jakarta Barat menampilkan China Town, Jakarta Timur menampilkan Kampung Arab, Jakarta Selatan menampilkan Little Tokyo dan Kep. Seribu menampilkan Kampung Nelayan.  

Selain itu, pameran ini diisi oleh 120 stand flora, 5 stand fauna, serta 30 stan kuliner. Stand flora dan fauna umumnya melibatkan pelaku kewirausahaan di bidang pertamanan dan hutan kota, seperti tanaman hias, buah, satwa peliharaan dan Toga (Tanaman Obat Keluarga).

Pembukaan pameran Flona tahun 2024 juga diisi pemberiah penghargaan MURI terkait rekor penanaman vegetasi terbanyak untuk penghijauan perkota dalam kurun waktu 1 tahun. Pohon yang ditanam selama 1 tahun (2023) berjumlah 6.560.396 penanaman, dengan rincian 246.651 pohon pelindung dan pohon produktif, 6.158.518 tanaman hias, dan 155.227 pohon mangrove. (why)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS