Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Usai Libur Lebaran Warga Diimbau Vaksinasi Influenza

Kesejahteraan Masyarakat Kamis, 18 April 2024 - 7:53  132 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Menta Basita Bangun

Istimewa/Warga sedang divaksinasi

Kesejahteraan Masyarakat

Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama, menganjurkan warga mulai usia enam bulan ke atas melakukan vaksinasi influenza mandiri untuk mencegah batuk pilek di musim pancaroba, khususnya masa pascalibur Lebaran 2024.

Ngabila menegaskan vaksinasi influenza penting dilakukan terutama bagi kelompok usia rentan. "Balita, ibu hamil, pralansia di atas usia 50 tahun, lansia, tenaga kesehatan, orang dengan komorbid sedang sampai dengan berat seperti hipertensi, diabetes mellitus, penyakit stroke, jantung, gagal ginjal kronis, autoimun dan lainnya," sebut Ngabila saat dikonfirmasi, Rabu (17/4).

Adapun harga vaksinasi sekitar Rp 200 ribu dan diberikan satu kali per tahun, dengan jarak pemberian dengan vaksin lain minimal 14 hari. "Kecuali dengan vaksinasi meningitis dapat diberikan sekaligus dalam satu hari. Bisa didapatkan di klinik atau rumah sakit penyedia layanan vaksinasi termasuk RSUD Taman Sari Jakarta Barat," jelas Ngabila, yang juga Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Taman Sari.

Ia pun mengaku telah menjalani vaksinasi influenza dan mendapatkan manfaatnya. "Saya beri testimoni pribadi, baru satu kali disuntik vaksin influenza seumur hidup saya, kurang lebih satu bulan yang lalu," ungkapnya.

Ia mengaku, setelah menerima vaksinasi tersebut tidak merasakan gejala batuk pilek atau flu. Selain itu, badan juga terasa sehat dan bugar. "Saya tidak rasa gejala batuk pilek atau 'common cold' seperti mau flu sampai saat ini. Badan juga sehat dan bugar," pungkasnya. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS