Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta Barat hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama hari Raya Idulfitri 1446 H/2025 M dipadati warga masyarakat, Selasa (8/4).
Kepala Puskesmas Kebon Jeruk, Parlynrap Demak Situmorang, mengungkapkan, dibanding hari biasa atau sebelum libur dan cuti bersama lebaran yang mencapai sekitar 1.000 pelayanan, pada hari pertama pasca lebaran naik sekitar 5 hingga 10 persen.
“Mungkin sekarang ini ada lonjakan kurang lebih 5-10 persen ya, di hari ini ya, dibanding di hari sebelum cuti bersama kemarin ya. Kalau sekarang mungkin bisa tembus sampai 1.500. Kita sudah antisipasi itu. Walaupun memang namanya pasien tidak bisa kita prediksikan. Lonjakannya sangat luar biasa hari ini,” ujarnya.
Meski demikian, pihaknya sudah mengantisipasinya. Pelayanan sudah dibuka sejak pukul 07.00 dan selama libur lebaran pihaknya juga tetap buka pelayanan. Untuk petugas dan nakes dilakukan sistem shift selama libur Lebaran.
“Pelayanan sesuai dengan instruksi Gubernur, ya kita sudah buka di hari pertama, bahkan sebenarnya cuti bersama kemarin kita juga tetap buka. Hari pertama pasca liburan ini kan lonjakan pasien memang tinggi, sangat banyak. Jadi tetap kita bisa layani dan yang pasti on time kita pelayanan. Kita pukul 07.00 sudah buka layanan. Kita berharap masyarakat bisa telayani semuanya,” jelasnya.
Kasatpel Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kebon Jeruk, Marzunanta, menambahkan pelayanan dibuka pukul 07.00 untuk pendaftaran, selanjutnya pukul 07.30 untuk pelayanan berbagai keperluan pasien.
“Kami ada pendaftaran online dan offline. Pelayanannya meliputi poli umum dan khusus. Seperti pelayanan penyakit tidak menular, pelayanan lansia, anak-anak, balita, remaja, bumil, oli gigi dan lain-lain. Umumnya keluhan pasien kelelahan, pilek, ada juga yang kontrol dan lainnya,” sebutnya.
Sedang untuk petugas atau SDM di Puskesmas Kebon Jeruk selain cleaning service (CS) dan security, sambungnya, jumlahnya sebanyak 252 orang.
“Terdiri atas dokter, perawat, bidan, admin, tenaga IT, Kesling, Promkes, Farmasi, laboratorium dan lainnya,” ujarnya.
Sementara itu, Alya Dwi Putri (20), warga RT 10 RW 02 Kedoya Selatan, mengaku sudah antre sejak pukul 08.00. Ia ke Puskesmas Kebon Jeruk diantar ayahnya minta rujukan untuk pengobatan mata.
“Pelayanannya bagus, di lantai atas cepat. Di bawah yang agak lama, karena antreannya panjang, mungkin banyak yang berobat habis Lebaran,” tuturnya. (Aji)