Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat kembali menggelar Podcast Jejamu Barat dengan tema “Memahami Dashboard CRM Kota sebagai Faktor Penting dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat” di Studio Sudin Kominfotik Jakarta Barat, Selasa (18/11).
Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kasubkel Pelayanan Bagian Kepegawaian, Ketatalaksanaan, dan Pelayanan Publik (KKPP), Didi Prabowo serta bertindak sebagai host, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Rano Rahmat Effendi.
Kabag Tata Pemerintahan Rano Rahmat Effendi menegaskan bahwa pemanfaatan CRM (Cepat Respon Masyarakat) menjadi instrumen penting untuk meningkatkan kualitas layanan publik, khususnya dalam menampung dan menindaklanjuti berbagai aduan warga.
“Untuk Jejamu Barat kali ini yang membahas tentang CRM, harapan kita dari Pemkot Jakarta Barat bisa lebih mensosialisasikan kepada warga bahwa masyarakat dapat mengadukan berbagai permasalahannya agar Jakarta lebih bagus dan lebih nyaman,” ujarnya.
Rano juga mengimbau masyarakat agar bijak dalam menyampaikan laporannya, yakni memahami jenis permasalahan yang memang menjadi kewenangan pemerintah dan berdampak pada kepentingan publik, sehingga proses tindak lanjut dapat berjalan lebih efektif, terarah, dan sesuai prioritas penanganan.
“Pesannya kepada warga masyarakat, bijaklah dalam memberikan aduan. Tidak semua persoalan harus disampaikan. Pemerintah DKI Jakarta juga menyeleksi aduan-aduan tersebut, mana yang dapat ditindaklanjuti dan mana yang cukup sampai di situ saja. Semoga dengan ini Jakarta ke depan semakin baik,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasubkel Pelayanan Bagian KKPP, Didi Prabowo, memaparkan bahwa penanganan pengaduan masyarakat merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Ia menjelaskan bahwa hadirnya CRM merupakan inovasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengintegrasikan seluruh kanal aduan masyarakat.
“Secara garis besar, kami menjelaskan terkait penanganan pengaduan masyarakat di Kota Jakarta Barat. CRM ini sudah jamak digunakan oleh petugas kelurahan, kecamatan, maupun kota dalam menangani aduan yang masuk,” kata Didi.
Didi juga berharap kehadiran sistem ini dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.
“Harapannya, bisa terbangun kepercayaan masyarakat terhadap Pemprov DKI Jakarta. Masyarakat semakin memahami hak-haknya dan semakin terliterasi dengan perkembangan digital, sehingga dapat memanfaatkan kanal pengaduan dengan baik melalui CRM,” jelasnya.
Sebagai informasi, tayangan ulang podcast Jejamu Barat dapat diakses melalui kanal youtube Kota Jakarta Barat.






