Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

BPBD DKI Jakarta Evakuasi Warga Terdampak Genangan di Tegal Alur

Kesejahteraan Masyarakat Jumat, 22 Maret 2024 - 15:34  156 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Petugas BPBD DKI Jakarta sedang melakukan evakuasi warga di SDN 02 dan 04 Tegal Alur.

Kesejahteraan Masyarakat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di wilayah Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jumat (22/3). Mereka mengungsi sementara pada sejumlah tempat seperti Rusunawa Tegal Alur, RPTRA Anggrek hingga SDN 02 Tegal Alur. 

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, banjir atau genangan yang melanda hampir semua wilayah di Tegal Alur, disebabkan tingginya intentitas curah hujan serta meluapnya Kali Semongol. 

"Genangan di permukiman warga mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Ketinggian air rata-rata 60-90 sentimeter," tutur Kepala Satuan Tugas (Satgas) BPBD Korwil Jakarta Barat, Vitus Dwi Indarto. 

Menurutnya, dari data BPBD DKI Jakarta hingga pukul 12.00 WIB, pihaknya melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di permukiman RW 03. Mereka dievakuasi dengan menggunakan perahu karet. 

Warga yang dievakuasi berjumlah 170 Kepala Keluarga (KK) atau 510 jiwa. Mereka mengungsi di dua lokasi pengungsian yakni Rusunawa Tegal Alur dan Masjid Al Hidayah. Untuk di Rusunawa Tegal Alur, warga yang mengungsi berjumlah 25 Kepala Keluarga (KK) atau 83 jiwa yang terdiri dari 50 orang dewasa, 6 lansia, 1 ibu hamil dan 26 anak-anak. Dari 170 Kepala Keluarga (KK), dengan rincian terdiri dari 245 orang dewasa, 20 lansia, 120 anak-anak dan 25 balita.

"Kami terus melayani warga yang mengungsi," jelasnya. 

Lurah Tegal Alur, Dwi Kurniasih, bersama aparatur kelurahan dan PPSU bahu membahu melayani warganya untuk dievakuasi ke sejumlah tempat. Selain Rusunawa Tegal Alur dan Masjid Al Hidayah, warga juga mengungsi di RPTRA Anggek, dan SDN 02 dan 04 Tegal Alur. 

"Hampir semua wilayah di Tegal Alur, dari RW 01-16, tergenang. Banjir terparah berada di RW 03, dan komplek kebersihan RW 04," tuturnya saat dihubungi via handphone. 

Selain melakukan evakuasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD DKI dan Sudis Sosial Jakarta Barat untuk pengiriman bantuan.

"Alhamdulillah, bantuan dari Sudis Sosial Jakbar terutama buat balita dan anak-anak sudah ada seperti susu, air mineral, biskuit dan sebagainya. Sementara nanti sore, untuk menu buka puasa, Sudis Sosial akan mengirimkan bantuan sebanyak 2000 nasi box," jelasnya. (why) 

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS