Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

PJ Gubernur Jakarta Bersama Jajaran Tunaikan Zakat melalui Baznas Bazis

Kesejahteraan Masyarakat Selasa, 26 Maret 2024 - 14:56  119 Reporter : Wahyu CP Edited By Izzudin

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menunaikan zakat melalui Baznas Bazis.

Kesejahteraan Masyarakat

Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama pejabat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menunaikan zakat melalui Baznas Bazis DKI di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (26/3). 

Penyerahan zakat dikemas dalam suatu acara Penunaian Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) DKI Jakarta yang bertajuk Ramadan Memerdekakan: Merdekanya Mustahik, Berkahnya Muzaki. 

"Alhamdulillah, saya beserta para ASN Pemprov DKI Jakarta telah menunaikan kewajiban kami sebagai umat muslim untuk menunaikan zakat," ujar Heru Budi Hartono. 

Ia berharap, dengan penunaian zakat melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, dana ZIS yang terkumpul dapat dikelola secara profesional dan amanah. Sehingga dana ZIS bisa memberikan dampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan umat, khususnya di Provinsi DKI Jakarta. 

Bersama dengan penunaian zakat  yang dilakukan Pj Gubernur DKI Jakarta, dilaksanakan juga penyerahan ZIS pejabat Pemprov DKI Jakarta dan Direktur Utama BUMD. Hal itu sejalan dengan imbauan Pj Gubernur DKI kepada seluruh pejabat, Dirut BUMD, dan seluruh perusahaan swasta dan jajaran untuk menunaikan kewajiban berzakatnya di Baznas Bazis DKI Jakarta. 

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan bahwa menunaikan zakat merupakan hak bagi umat muslim sesuai dengan aturan atau ketentuan. Terlebih bagi ASN yang memiliki TKD, untuk membayar zakat 2,5%. 

"Sehingga zakat yang terkumpul itu dikelola dengan baik oleh Baznas Bazis DKI Jakarta. Dan, manfaatnya dari zakat itu tentunya akan dirasakan masyarakat," tuturnya.  

Uus Kuswanto mengimbau kepada warga untuk segera menunaikan zakat dalam rangka membantu warga yang berhak menerimanya melalui Baznas Bazis DKI Jakarta.

"Karena manfaatnya, zakat yang dikelola Baznas Bazis itu nantinya kembali untuk kepentingan masyarakat melalui bantuan bencana, beasiswa, pendidikan, kesehatan, perbaikan tempat ibadah serta santunan kepada warga tak mampu, dan lain-lainnya," jelasnya. 

Dalam acara tersebut hadir Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar mendamping PJ Gubernur dalam menunaikan ZIS. 

"Kegiatan ini kami selenggarakan guna memfasilitasi penunaian dan menyaluran ZIS bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengusaha/ stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta," kata Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar dalam sambutannya di acara Penunaian Zakat Pejabat Pemprov DKI Jakarta.  

Dalam kegiatan itu, Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar juga menyerahkan Penghargaan kepada delapan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) atas dedikasinya dalam keberhasilannya menghimpun dana ZIS.

Terkait penghimpunan ZIS tahun 2023, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp247.937.273.312 dan penyaluran ZIS sebesar Rp241.870.371.264, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3.035.154 orang. 

Dalam acara tersebut turut diserahkan program nasional Baznas Bazis, yaitu bantuan Bedah Rumah Penghafal Quran, bantuan beasiswa pelajaran (MDJ), dan beasiswa untuk santri disabilitas. (why)

 




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS