Kantor WALIKOTA JAKARTA BARAT Tempat Kami Menumpahkan Segenap Pikiran & Tenaga Demi Kesejahteran Masyarakat

DETAIL BERITA

Kota Administrasi Jakarta Barat

Yuk Saksikan Festival Bedug Tingkat Kota Di Parkir Timur Kantor Wali Kota Jakbar

Kesejahteraan Masyarakat Selasa, 19 Maret 2024 - 12:59  94 Reporter : H.Ahmad Mujahid Edited By Izzudin

Festival Bedug Jakarta Barat

Kesejahteraan Masyarakat

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat akan menggelar Festival Bedug tingkat Kota Jakbar tahun 2024 di Halaman Parkir Timur Kantor Wali Kota, Kamis (21/3).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudis Kebudayaan Jakarta Barat, Sri Kusumawati, mengatakan kegiatan dilaksanakan di halaman Parkir Timur Kantor Wali Kota Jakbar, Jalan Raya Kembangan No 2. Peserta festival sebanyak delapan grup yang merupakan pemenang juara 1 Festival Bedug tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.  

“Festival Bedug merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat. Tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2024, di Parkir Timur Kantor Wali Kota Jakarta Barat,” ujarnya sesuai rilis yang diterima, Selasa (19/3).  

Dikatakan Sri, para peserta akan berlomba memperebutkan Juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2 tingkat kota Jakarta Barat.

“Spesialnya tahun ini para pemenang Juara 1, 2 dan 3 dari tiap-tiap wilayah kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta akan dilombakan kembali pada tingkat provinsi yang akan diadakan 28 Maret 2024, di Balaikota Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Sri menjelaskan, Festival Bedug bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya Masyarakat Betawi. Bedug menjadi penting bagi masyarakat Betawi, bukan semata-mata karena 'bedugnya', tetapi karena bedug selalu identik dengan nilai-nilai keagamaan.

“Bedug selalu berada menempel pada tempat ibadah seperti mushola/masjid dan Bedug ditabuh sebagai penanda masuknya waktu shalat lima waktu. Melestarikan budaya memukul Bedug sama dengan melestarikan nilai-nilai agama,” katanya. Festival Bedug tahun ini akan dimeriahkan bintang tamu Husein Alatas Idol. (Aji)




BERITA TERBARU
...    
...    
...    
...    
...    
FASILITAS
  
Pendidikan

  
Kesehatan



  
Olah Raga


GOVERNMENT PUBLIC RELATION (GPR)
INFOGRAFIS