PPID - Wilayah

Tugas dan Fungsi PPID

RINCIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI KELURAHAN KALIANYAR

 

NO

JABATAN DALAM PPID 

KETERANGAN TUGAS

 

1 Pengarah

a. Memberikan  arahan   dan  pembinaan   dalam

pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan Kelurahan Kalianyar; 

b. Sebagaimana penentu akhir pengambilan

kebijakan apabila muncul masalah dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan

informasi

 

2

Pejabat Pengelola dan Pelayanan Informasi  

a. Penyajian    data   dan   informasi melalui website Http://ppid.jakarta.go.id dan/atau papan pengumuman di Kelurahan Kalianyar ;

b. Pemutakhiran informasi   yang di sesuaikan dengan klarifikasi informasi; dan

c. Penyimpanan, pemeliharaan dan atau pengubahan informasi dalam format yang di butuhkan dengan menggunakan sarana yang efektif untuk pelayanan sesuai dengan kemampuan sumber daya di Kelurahan Kalianyar.

d. Mengkoordinaskan   dan    mengonsolidasikan   pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID pada Kelurahan Kalianyar .

e. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan, dan memberi pelayanan informasi kepada publik;

f. Melakukan klarifikasi terhadap verifikasi bahan informasi publik yang dilakukan oleh PPID pada Kelurahan Kalianyar .

g. Melakukan   pemutakhiran   informasi   dan dokumentasi;

h. Menyedikan informasi dan dokumentasi untuk di akses oleh pemohon infomrasi publik;

i. Melaksanakan inventarisasi dan melakukan uji konsekuensi atas informasi yang di kecualikan;

j. Melakukan evaluasi terhadap kinerja PPID pada Kelurahan Kalianyar .

k. Melakukan   koordinasi   dan   konsultasi ke kementrian komunikasi dan Infomatika dan komisi informasi serta lembaga lainnya yang berhubungan dengan keterbukaan informasi;

l.  Membuat laporan pelayanan informasi; dan

m. Melaksananakan     tugas      lainnya       yang      di perintahkan oleh atasan PPID.

 

 

3. Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi 

 

a. Memberikan  informasi   mengenai     prosedur permohonan informasi, sarana dan membantu pemohon memperoleh informasi;

b. Menerima  dan    melayani    permintaan  informasi serta menyampaikan salinan informasi yang dimohonkan;

c. Menyampaikan   informasi   dalam    bahasa yang mudah di pahammi oleh masyarakat, dengan kemungkinan menggunakan bahasa lokal yang digunakan oleh mayoritas penduduk stempat;

d. Meneruskan permintaan informasi   dari pemohon kepada PPID pada Kelurahan Pesanggrahan apabila tidak berada dalam daftar informasi yang dikuasai;

e. Menetapkan   permintaan   informasi   apabila tidak diterima jika syarat pengajuan permintaan informasi tersebut; dan

f. Memberikan      pelayanan      pendaftaran     dan penerusan keberatan pemohoninformasi kepada bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa;

 

4 Bidang Dokumentasi dan Arsip

a. Melaksanakan   pendokumentasian,  penyimpanan, pengolahan dan pemeliharaan arsip dan dokumen peraturan perundang-undangan, persidangan dan kepegawaian serta arsip dan dokumentasi lainnya;

b. Pelayanan   penggunaan   arsip  dan     dokumen peraturan perundang-undangan dan kepegawaian serta arsip dan dokumen lainnya.

 

  1. Bidang Pengaduan dan penyelesaian

Sengketa Informasi Publik

 

Mengkoordinasikan penanganan dan pengkajian maslaah pengaduan dan penyelesaian sengketa pelayanan informasi pada PPID Provinsi dan PPID pada Keluraha Kalianyar.