Reporter : Wahyu CP 61 Sabtu, 30 September 2023

1100 Pramuka Ikuti Upacara Hari Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka Kwarcab Jakbar

Sebanyak 1100 anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pramuka Berkebutuhan Khusus Kwartir Ranting (Kwaran) se-Jakarta Barat mengikuti upacara Hari  Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka yang berlangsung di Halaman Kantor wali kota Jakarta Barat, Sabtu (30/9).

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menjadi pembina upacara Hari Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengucapkan selamat kepada Kwarcab, Kwarran dan seluruh kakak dan adik pramuka yang mengikuti Hari Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka. 

Menurutnya, gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter, dan kepribadian generasi muda bangsa. Karena kegiatan Pramuka didalamnya banyak penguatan karakter Pancasila dan cinta tanah air sesuai Trisatya dan Dasadarma Pramuka yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Semoga seluruh generasi muda dalam Gerakan Pramuka selalu bersemangat, produktif dan kreatif dalam berkarya. Pramuka Indonesia diharapkan bisa membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional," jelasnya. 

Pihaknya mengungkapkan, Festival Pramuka hendaknya dijadikan sarana bergembira, belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa sekaligus mengasah keterampilan adik-adik Pramuka. 

"Manfaatkanlah Festival Pramuka untuk menjalin kekeluargaan, persahabatan, kebersamaan dan prestasi diantara adik-adik semua. Jadilah Pramuka yang aktif, kreatif dan enerjik," tambahnya. 

Sebelumnya, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Barat, Agus Ramdhani mengemukakan, Hari Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka diisi dengan berbagai lomba, yakni lomba baris berbaris, melukis layang-layang, pionering, pengetahuan umum, yel-yel serta menyanyi dan menggambar. 

Upacara Hari Pramuka ke-62 dan Festival Pramuka juga diisi dengan pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada para pembina yang telah berjasa mengembangkan Pramuka. 

Diantaranya, tanda penghargaan Dharma Bakti diberikan kepada Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto dan tanda penghargaan melati diberikan kepada Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Jakbar, Agus Ramdhani. (why) 

 

-->