Reporter : Wahyu CP 119 Selasa, 16 April 2024

Layanan Masyarakat di Kantor Kelurahan Rawa Buaya Tak Pernah Sepi

Pelayanan masyarakat di Kantor Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, kembali normal pasca libur lebaran tahun 2024, Selasa (16/4).  Pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga terlihat menunggu pada Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), lantai 1 Kantor Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng. Mereka sengaja datang lebih pagi untuk menghindari antrian.

Di hadapan mereka, sejumlah petugas loket pelayanan sibuk melayani masyarakat. Ada yang memeriksa kelengkapan berkas, membubuhkan stempel, tapi ada juga warga yang berkonsultasi terkait kelengkapan dokumen. 

Lurah Rawa Buaya, Junaidi, yang memonitor pelayanan masyarakat mengakui bahwa pelayanan masyarakat di kantor Kelurahan Rawa Buaya, tidak pernah sepi. Rata-rata 50-100 orang/hari. 

"Kalau hari biasanya, rata-rata di atas 50-100 warga yang dilayani. Pelayanannya termasuk ramai. Tadi baru buka, ada 15 orang minta dilayani. Makin siang, biasanya tambah ramai," ujarnya. 

Terkait jenis pelayanan, Junaidi mengemukakan bahwa jenis layanan masyarakat lebih didominasi pada pelayanan administrasi kependudukan. 

"Berdasarkan laporan dari PTSP, 70% didominasi layanan kependudukan, seperti KTP, dan Kartu Keluarga. 30% layanan lainnya seperti perpanjangan tanah makam, prosedur pemberkasan pendaftaran Polri, dan sebagainya," tuturnya. 

Di lokasi yang sama, Tan Soen Tjie (70) warga RT 005 RW 03, Kelurahan Rawa Buaya, mengapresiasi pelayanan masyarakat di kantor Kelurahan Rawa Buaya. 

"Saya datang untuk ngurusin dokumen kependudukan, termasuk KTP anak yang hilang. Layanannya cepat kok. Mudah-mudahan, juga pembuatan dokumen kependudukannya juga cepat selesai," tuturnya. 

Senada dengan Bagas Dwi Saputra (22) Jalan Al Barkah, RT 003 RW 03 Kelurahan Rawa Buaya. Ia mengaku terlayani dengan baik dalam pengurusan berkas pendaftaran menjadi anggota Polri. 

"Saya datang untuk mengurus pendaftaran menjadi anggota Polri. Di sini, saya ajukan berkas untuk meminta stempel kelurahan," ujarnya. 

Ia menyebutkan bahwa pelayanan di kantor Kelurahan Rawa Buaya sangat baik. Layananan cepat dan mudah tanpa kendala. "Saya berharap agar lebih ditingkatkan lagi. Sehingga masyarakat akan terlayani dengan maksimal," tambahnya.  (why) 

 

-->