Reporter : Wahyu CP 67 Jumat, 22 September 2023

Warga Angke Gratis Periksa Gula Darah di Puskesmas Kelurahan

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Angke menargetkan pemeriksaaan kesehatan gratis bagi warga usia produktif sekali dalam setahun. Pemeriksaan kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, tekanan darah, lingkar perut dan gula darah. Sementara untuk lanjut usia (lansia) ditambah pemeriksaan kolesterol dan asam urat. 

"Di imbau kepada para Ketua RW, Anggota LMK, FKDM, dan para kader yang hadir pada acara mini lokakarya mengajak warga di lingkungannya untuk memanfaatkan kesempatan ini,"  ujar Sekretaris Kelurahan Angke, Anjas Umaryadi saat membuka acara Mini Lokakarya (Minlok) Puskesmas Kelurahan Angke yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Angke, Kamis (21/9).

Hadir dalam kegiatan ini para kepala Seksi Kelurahan Angke, anggota Babinsa, Serda Sarip ST, Bhabinkamtibmas, Aiptu Gusti dan Kasatgas Pol PP Kelurahan Angke, Rudi serta dr Mega dari Puskesmas Kelurahan Angke.

Lebih lanjut, Anjas mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam upaya mendeteksi gangguan kesehatan warga secara dini agar dapat ditentukan langka pencegahan yang efektif. 

Terkait dengan itu, Kepala Puskesmas Kelurahan Angke, dr. Susanty mengatakan pemeriksaan kesehatan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Warga yang berdomisili di wilayah Kelurahan Angke, bisa mendatangi fasilitas kesehatan, yakni Puskesmas Kelurahan Angke, dengan hanya membawa KTP pada jam kerja. 

Jam kerja Puskesmas Kelurahan Angke, Senin - Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu, warga bisa mendatangi fasilitas kesehatan di Puskesmas Jembatan Besi, mulai pukul 08.00-12.00 WIB. 

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, Minlok juga diisi dengan sosialisasi penyakit Ispa oleh dokter Puskesmas Kelurahan Angke, dr. Mega. 

Sementara itu, Ketua RW 08 Kelurahan Angke, Amir Sarifudin, mengapresiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan sosialisasi Ispa.

"Kami berharap pihak puskesmas dapat turun ke RW 08 untuk memberikan penyuluhan kepada warga," tuturnya. 

Sebelumnya, Puskesmas Kelurahan Angke telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Pasar Jembatan Dua dan direncanakan akan melaksanakan kegiatan serupa di Pasar Kampung Bebek Kelurahan Angke. (why)

 

-->