Reporter : Wahyu CP 67 Jumat, 22 September 2023

Aparatur Kelurahan Angke dan 3 Pilar Silaturahmi Juling di RW 01

Aparatur Kelurahan Angke bersama unsur tiga pilar melakukan kegiatan Jumat Keliling (Juling) di lingkungan RW 01 Kelurahan Angke, Jumat (22/9). Mereka bersilaturahmi sekaligus melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), sosialisasi bahaya kebakaran dan sebagainya.

Mewakili Lurah Angke, Firmansyah, Sekretaris Kelurahan, Anjas Umaryadi mengatakan, Jumat Keliling dilaksanakan sebagai implementasi Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 270 Tahun 2015 tentang pelaksanaan Silaturahmi Jumat Keliling. 

Kegiatan yang melibatkan aparatur Kelurahan Angke dan unsur tiga pilar, serta tokoh masyarakat tersebut dilaksanakan dengan maksud memetakan permasalahan di wilayah, baik dari aspek kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan serta potensi kerawanan sosial. 

"Tujuannya dapat mengetahui informasi, perkembangan serta permasalahan di wilayah secara nyata agar dapat dicarikan solusinya. Kegiatan ini diharapkan agar terjalin silaturahmi yang erat antara aparatur pemerintahan dengan masyarakat," tuturnya.

Dikatakannya, Silaturahmi Jumat Keliling yang berlangsung di lingkungan RW 01 Kelurahan Angke, diisi dengan sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama kader jumantik. Setelah dilakukan jumantik, aparatur Kelurahan melakukan evaluasi kegiatan. 

“Kami mengimbau kepada para kader jumantik yang dapat masuk ke rumah-rumah warga, sembari memantu jentik di rumah warga, hendaknya juga melakukan observasi untuk mengetahui kondisi rumah," ujarnya. 

Selain kegiatan PSN, Silaturahmi Jumat Keliling juga diisi dengan sosialisasi bahaya kebakaran oleh Satgas Damkar Kelurahan Angke.

"Warga penghuni rumah diminta untuk mengetahui potensi timbulnya kebakaran, misalnya instalasi listrik," ungkapnya. 

Terkait potensi bahaya kebakaran, Kasatgas Gulkarmat Kelurahan Angke, Diki Erwanto memberikan sosialisasi bahaya kebakaran, termasuk cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

Selain itu potensi kebakaran yang ditimbulkan dari bahan organik alami seperti biji-bijian, kayu linen, gula dan sebagainya. Bahan-bahan alami ini bisa menyulut potensi kebakaran  lantaran adanya reaksi kimia. 

Kegiatan Silaturahmi Jumat Keliling juga dihadiri oleh Kasie Kesra Kelurahan Angke, Rina Ratna Sari, Kasatgas Pol PP Kelurahan Angke, Rudi, Kasatgas Gulkarmat Kelurahan Angke, Diki Erwanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Angke, Aiptu Gusti, unsur Puskesmas Kelurahan Angke, FKDM, Pengurus TP PKK RW 01 dan Kelurahan, para kader jumantik dan pengurus RT dan RW 01 Kelurahan Angke. (why) 

-->