Reporter : Wahyu CP 210 Jumat, 22 September 2023

Cegah Stunting, WC Komunal di RW 6 Jati Pulo Diresmikan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat bersama anggota Komisi E  DPRD DKI Jakarta, Ima Mahdiah meresmikan WC komunal di RT 016 RW 06 Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (22/9). 

Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Adkesra) Jakarta Barat, Amin Haji mengatakan, bahwa peresmian WC Komunal tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang disampai pada saat reses anggota DPRD DKI Jakarta. 

Ketika itu anggota dewan bersedia membangun sarana tersebut asalkan ada lahan untuk pembuatan WC komunal.

"Ya, itu merupakan hasil reses anggota dewan, dimana warga membutuhkan sanitasi yang baik dalam upaya pencegahan stunting. Kemudian anggota dewan membangun bila ada lahan yang dipakai untuk WC komunal," ujarnya.

Bak gayung bersambut, lanjut Amin, ada warga yang mewakafkan tanahnya untuk membangun WC komunal.

"Ini perjuangan anggota dewan, lalu ada warga yang mewakafkan tanahnya untuk membangun WC Komunal," katanya.

Ia berharap, masyarakat RT 16 RW 06 Kelurahan Jatipulo dapat memanfaatkan dan menjaga WC Komunal ini dalam rangka pencegahan stunting.

"Pembangunan WC komunal ini berkolaborasi dengan Baznas Bazis Jakarta Barat. Masyarakat bisa memanfaatkan dan menjaga dengan baik, sekaligus tidak boleh buang air besar sembarangan," tambahnya. 

Sebelumnya, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ima Mahdiah, berharap kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, termasuk memanfaatkan dan menjaga sarana ini untuk kepentingan masyarakat.  

"Terimakasih atas kolaborasi yang dilakukan pemerintah sehingga WC komunal dapat dibangun di tengah masyarakat. Semoga bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik," ujarnya. 

Sementara itu, Lurah Jatipulo, Syafwan Busti mengatakan, bahwa WC Komunal dibangun di atas tanah yang telah diwakafkan oleh warga. Sarana umum ini memiliki 5 pintu, dua pintu  diantaranya untuk manusia usia lanjut. 

"Ukuran WC sekitar 2x1,5 meter, terdiri 5 pintu, dua diantaranya untuk manula. Pengelolaannya akan diserahkan kepada masyarakat RT 16 RW 06," ucapnya. (why)  

 

-->