Reporter : Wahyu CP 85 Sabtu, 27 April 2024

Hemat Energi, Kantor Wali Kota Jakbar Padam 60 Menit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat melakukan aksi pemadaman lampu, Sabtu (27/4) malam, mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. Aksi ini dilakukan dalam rangka hemat energi dan pengurangan emisi karbon.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Achmad Hariadi mengatakan pemadaman lampu ini sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor e-0005 Tahun2024 tentang  pelaksanaan pemadaman lampu dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon. 

Kebijakan tersebut ditindaklanjuti masing-masing wilayah dengan titik lokasi pemadaman lampu. "Untuk wilayah Jakarta Barat, Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengeluarkan Surat Edaran nomor e-0004/SE/2024 tentang imbauan pemadaman lampu di wilayah Kota Jakarta Barat. Lokasi pemadaman lampu berada di Jalan Daan Mogot dan Jalan Kembangan Raya (depan kantor Walikota Jakarta Barat) dan Komplek Kantor Walikota Jakarta Barat dan kantor camat serta kantor para lurah," jelasnya. 

Pemadaman lampu, lanjut Achmad Hariadi, dimulai pada pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. "Pemadaman lampu langsung dimonitor PLN. Setelah itu, PLN melaporkan terkait berapa jumlah pengurangan dan pengaruhnya dalam rangkat hemat energi dan pengurangan emisi karbon," tutur Achmad Hariadi. 

Ia juga memaparkan, sesuai instruksi gubernur, pemadaman lampu dilakukan pada seluruh gedung milik Pemprov DKI Jakarta, terkecuali rumah sakit dan puskesmas, dan klinik. 

"Dalam surat edaran Wali Kota Jakarta Barat juga berisi imbauan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam dalam pelaksanaan pemadaman lampu," tambahnya. 

Di ketahui, pemadaman lampu juga dilakukan pada sejumlah ruas jalan protokol dan arteri di wilayah Jakarta. Berikut sejumlah ruas jalan yang dilakukan pemadaman lampu. 

Jakarta Pusat

JI. Sudirman (Dukuh Atas sampai dengan Gedung Sampurna Strategic), dan JI. MH. Thamrin; Seputaran JI. Medan Merdeka (Kec. Medan Merdeka Utara depan Istana Presiden), JI. Gerbang pemuda - Jalan Asia Afrika, Halaman Kantor Balaikota, Kantor Walikota Jakarta Pusat.

Jakarta Utara

JI. Yos Sudarso, Komplek Kantor Walikota Jakarta Utara, dan JI. Perintis Kemerdekaan.

Jakarta Timur

Jl Dr. Sumarno, Jl. Perintis Kemerdekaan, dan Komplek Kantor Walikota Jakarta Timur.

Jakarta Barat

JL. Daan Mogot dan JI. Kembangan Raya (depan Kantor Walikota Jakarta Barat) dien Komplek Kantor Walikota Jakarta Barat.

Jakarta Selatan

JI. Prapanca Raya, Jl. Gerbang Pemuda - Jl. Asia Afrika, Jl. Sudirman (Gedung Sampurna Strategic - Patung Pemuda), Gedung Walikota Jakarta Selatan dan Jl. Rasuna Said. (why) 

 

-->